Sukses

Ketahui Fakta Pahit di Balik Dunia Modeling

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang masih berpikiran bahwa dunia modeling adalah sebuah dunia yang ideal dan sempurna. Anda berpikir bisa berkeliling dunia, mengenakan pakaian dari berbagai desainer, dan menghasilkan banyak uang.

Namun, tahukah Anda ada banyak hal yang tidak diketahui masyarakat umum dari dunia modeling? Dilansir dari thelist.com, Selasa (8/8/2017), berikut ini adalah beberapa fakta pahit di balik dunia modeling yang juga harus Anda ketahui. Penasaran?

1. Bisa terasa sangat membosankan
Rachel Woods, seorang model dan penulis The Model's Guide memberitahu Marie Claire bahwa menjadi seorang model memerlukan kesabaran tinggi, karena akan banyak waktu yang dihabiskan untuk menunggu. Mulai dari menunggu ditata rambut dan makeup atau menunggu fotografer.

2. Penghasilannya tidak banyak
Jika Anda berpikir masuk ke dunia modeling untuk menghasilkan banyak uang, mungkin nantinya hanya ada penyesalan. Jessica Schiffer, mantan model dan editor kontributor Who's Wear mengatakan bahwa satu-satunya model yang menghasilkan uang adalah supermodel.

CNN Money juga melaporkan bahwa dunia modeling seringkali tidak menghasilkan uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan. Kecuali jika model tersebut berhutang kepada agensi, yang nantinya akan dipotong dari penghasilannya sendiri.

3. Wanita menghasilkan lebih banyak uang daripada pria
Elizabeth Rose, agen pemodelan pernah mengatakan kepada BBC bahwa ada kesenjangan gaji antara pria dan wanita. Menurutnya, model pria hanya mendapatkan sebagian kecil, sekitar 75 persen lebih sedikit dari penghasilan model wanita.

4. Biaya masuk ke dunia ini bisa sangat mahal
Tidak hanya sulit menghasilkan uang, namun masuk ke dunia modeling sendiri biayanya bisa sangat mahal. Melinda Parrish, seorang model pernah menulis di HuffPost bahwa membangun portofolio bisa memakan biaya dari USD 200-1.000.

5. Sebagian besar model memiliki pekerjaan lain
Karena sulitnya menghasilkan uang dari dunia modeling, banyak model memiliki pekerjaan lain, yang benar-benar bisa membayar semua tagihannya. Melinda Parrish menyarankan untuk benar-benar memastikan Anda bisa hidup dari uang yang dihasilkan, jika ingin masuk ke dalam dunia modeling.

6. Pertunjukan kurang bergengsi cenderung lebih banyak menghasilkan uang
Ashley Mears, seorang asisten profesor sosiologi Universitas Boston dan penulis Pricing Beauty: The Making of a Fashion Model yang juga mantan model mengatakan bahwa pekerjaan kurang bergengsi yang jarang disorot publik justru menghasilkan lebih banyak uang, daripada pekerjaan bergengsi lainnya, seperti catwalk di fashion week atau editorial spreads.

7. Agensi model sering membebani biaya sangat besar
CNN Money pernah menyebutkan bahwa para agensi model biasanya meminta komisi sebesar 20%. Biaya ini berarti banyak model yang hidup dalam kemiskinan.

8. Tidak menerima perbedaan
Menurut The Fashion Spot, model yang ditampilkan pada tahun 2016 memiliki warna kulit sangat putih. Statistik yang lebih buruk untuk model ukuran besar.

9. Pencarian model melalui instagram
Instagram telah terbukti membawa perubahan besar dalam dunia modeling. Beberapa agensi model telah meluncurkan iklan pencarian model melalui Instagram. Hal yang dicari dan paling dilihat adalah kecantikan alami dan natural, serta tetap menjadi diri sendiri.

10. Dunia modeling berarti kerja keras
Sama halnya dengan pekerjaan lain di dunia ini, dunia modeling juga memiliki pro dan kontra. Jika Anda mengira bahwa dunia modeling tidak memerlukan kerja keras dan segala hal tentang bersenang-senang, Anda salah. 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: 5 Fakta Boneka Anabelle di Dunia Nyata
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: 5 Fakta Seram Boneka Anabelle di Dunia Nyata