Sukses

Hujan di Gurun Pasir Ciptakan Fenomena Alam Langka Menakjubkan

Taman Nasional Lencois Maranhenses di Brasil akan menjadi deretan laguna biru yang menakjubkan saat berada di musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta Taman Nasional Lencois Maranhenses Brasil merupakan salah satu destinasi wisata petualangan unik di dunia. Betapa tidak, saat berada di musim panas di bulan Januari hingga Juni, tempat ini merupakan lautan pasir. Namun saat musim hujan yang terjadi antara Juli dan September, taman nasional ini berubah menjadi ribuan laguna indah yang sedap dipandang mata.

Taman nasional ini secara umum memiliki luas mencapai 570 mil persegi, yang seluruh bagiannya adalah hamparan pasir putih. Nama “Lencois” sendiri dapat dimaknai dengan bentangan sprei yang putih bersih.

Secara ilmiah, sebenarnya Taman Nasional Lencois bukanlah gurun, hal ini setidaknya diungkap oleh Antonio Cordeiro Feitosa, seorang ahli geografi dari Universitas Federal Maranhao. Seperti dikutip dari laman Weather, Senin (7/8/2017), Antonio menjelaskan, sesungguhnya kawasan yang berlokasi di Lembah Amazon ini punya curah hujan yang lebih besar daripada gurun pada umumnya.

“Gurun dapat diidentifikasi dengan rendahnya curah hujan,” ungkap Antonio.



Intensitas dan volume air hujan yang turun di taman nasional ini menyebabkan munculnya fenomena alam menakjubkan. Air yang berkumpul di lembah antara bukit pasir menciptakan laguna biru dan hijau yang sempurna. Beberapa laguna “temporer” ini memiliki panjang lebih dari 90 meter dengan ke dalam mencapai 3 meter.

Tak hanya itu, traveler yang pernah berkunjung juga mengungkapkan betapa indahnya pemandangan matahari terbenam di tempat ini. Namun menjelang akhir September, musim kering datang, pengunjung menurun, dan laguna satu per satu hilang berubah menjadi padang pasir maha luas sampai musim hujan tahun depan.

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.