Sukses

Ayo Dukung AP II di International Airport Review Awards 2017!

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II (Persero) masuk dalam nominasi ajang International Airport Review Award 2017. Saatnya masyarakat Indonesia memberikan dukungan demi kebanggaan bangsa di kancah dunia.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura (AP) II sempat meraih penghargaan The World Most Improved Airport 2017 versi Skytrax World Airport Survey, juga empat penghargaan di ajang Asia-Pacific Stevie Awards 2017 pada Juni silam.

Sekarang, AP II kembali berkesempatan menorehkan prestasi gemilang di ajang penghargaan kelas dunia melalui International Airport Review Award 2017. Indonesia, lewat AP II, masuk nominasi penghargaan tersebut untuk tiga kategori, di antaranya Passenger Experience, Airside Operation, dan Air Traffic Center (ATC)/Air Traffic Movement (ATM).

Pemenang ajang ini ditentukan melalui e-voting. Karena itu, AP II menggalang dukungan dari netizen untuk memberikan suara lewat link http://www.internationalairportreview.com. Periode voting dimulai ‪dari 16 Juni hingga 31 Agustus 2017‬.

"Mari kita support AP II untuk memenangi International Airport Review Award 2017 dengan 3 kategori yang sudah masuk nominasi itu," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, yang juga mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu.

Ajakan Budi tersebut tidak berlebihan. Karena, Merah Putih harus berkibar lebih tinggi di level dunia, dan AP II semakin siap dengan reputasi kelas dunia yang semakin diarahkan menjadi tourism airport.

"Kami terus support pengembangan pariwisata mengejar target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus)," ucap Budi.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menambahkan bahwa bangsa ini akan semakin solid dan besar, dengan prestasi besar, jika bersatu. Ajang International Airport Review Award 2017 ini bisa menjadi pendorong untuk melompat lebih tinggi.

“Saya yakin, kalau kita bersatu, demi Merah Putih, tidak ada yang tidak bisa,” kata Arief, Minggu (6/8/2017).

Dia melanjutkan, di sinilah saatnya "Indonesia Incorporated" dibangun. Bergotong royong membangun kebersamaan untuk merebut simpati dunia.

“Satu nusa, satu bangsa, satu bahasa, satu suara, untuk Indonesia,” ujar Menpar Arief.

Panduan e-votenya sangat gampang. Syaratnya, satu email, satu suara, satu IP address, satu device. Atau satu komputer atau HP, satu suara. Durasinya tak lebih dari lima menit.

Langkahnya, buka link https://www.internationalairportreview.com. Setelah itu, buka kategori Passenger Experience, Airside Operation, dan Air Traffic Center (ATC)/Air Traffic Movement (ATM). Di tiga pilihan tadi ada pilihan Angkasa Pura II. Klik, lalu kirimkan sebelum ‪31 Agustus 2017‬. Pemenang akan diumumkan ‪pada 1 November 2017‬dalam peringatan HUT ke-20 International Airport Review secara online.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, berterima kasih atas support semua pihak. Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pariwisata sangat mendukung upaya AP II untuk melesat maju.

"Terima kasih, kami merasa tidak sendiri," ucap dia.

Ketika netizen bergerak, Awaluddin semakin yakin bahwa bandara-bandara di AP II, akan semakin kuat dan menggunakan standard dunia. Dia yakin, netizen Indonesia yang atraktif akan membuat bandara-bandara di tanah air juga terus berbenah.

"Wisatawan pun akan merasa aman, nyaman, dan yakin dengan layanan prima AP II,” kata Awaluddin.

AP II juga menggalang dukungan lewat aplikasi Indonesia Airports. Tujuannya agar mudah dan lebih banyak yang tahu ada voting untuk ajang penghargaan ini.

"Dengan adanya penghargaan yang kita raih, akan memperbaiki posisi kita di tingkat internasional," ujar Awaluddin.

Di ajang ini, AP II bersaing dengan operator bandara lain di seluruh dunia. Sebut saja Brazil Civil Aviation Secretary, Leidos, Imtradex, Nats, Swiss International Airlines, Zurich Airport, Gatwick Airport, Airport Advisos, dan operator bandara lainnya. Tentu, AP II berharap besar dapat menjadi juara di tiap kategori yang diikuti.

"Kalau juara, nama Indonesia, negara dengan 250 juta penduduk akan semakin diperhitungkan di level global. Kepercayaan dunia terhadap kemampuan putra-putra Indonesia juga makin kuat,” ucap Awaluddin.

Menurutnya, setidaknya ada tiga alasan yang mendorong AP II menjadi juara dunia. Pertama, AP II sekarang sudah sangat cantik, menarik, dan memiliki best excellent services. Buktinya, AP II sukses menyabet gelar The World Most Improved Airport 2017 versi Skytrax World Airport Survey.

Kedua, tambah Awal, AP II sudah dicanangkan sebagai bandara destinasi wisata yang menghibur, menyenangkan, dan berkelas dunia. Bandara dengan art gallery yang menampilkan interior bernuansa "Wonderful Indonesia". Ketiga, terminalnya dibangun megah, dengan fasilitas semakin lengkap dan berstandar internasional. Pelayanan dan inovasinya terus ditingkatkan, begitupun pelayanan yang bersentuhan langsung dengan pengguna jasa.

"Pada nominasi di kategori ATC/ATM, membuktikan bahwa pada 2017-2018, AP II dan AirNav telah menetapkan tujuan untuk mencapai SR sebesar 86 ATM/jam. Semuanya dipimpin oleh sebuah program yang disebut Improvement Runway Capacity (IRC) 86,” kata Awaluddin.

Seperti diketahui, International Airport Review Award 2017 merupakan ajang bergengsi bagi pelaku industri bandara di seluruh dunia. Situs berita dan majalah International Airport Review merupakan jurnal teknis dua bulanan terkemuka untuk industri bandara dan bacaan penting bagi siapa saja yang terlibat dalam bisnis bandara.


(*)