Sukses

Kisah Persahabatan Sejati Nenek Nena dan Tining Selama 80 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Memiliki sahabat di dalam kehidupan kita, memang sangat diperlukan. Membagi setiap cerita satu sama lain, dan melalui kesenangan ataupun duka bersama sahabat. Namun, menjadi sahabat yang baik juga memerlukan kesabaran dan kesetiaan. Salah satunya seperti Nena dan Tining, mereka telah bersahabat selama 80 tahun lamanya, seperti yang dilansir dari inquirer.net, Senin (8/8/2017).

Sering kali kita menyebut sahabat kita dengan panggilan BFF (Best Friend Forever), sama halnya dengan kisah persahabatan Nena dan Tining. Sebutan BFF ini tampaknya cocok bagi mereka berdua, Nena (101 Tahun) dan Tining (97 Tahun) telah menjadi sahabat di saat mereka berumur 18 tahun, mereka berdua bertemu di Tacloban pada 1937.

"Keluarganya sangat baik, sangat berbaur dengan diriku. Selain itu juga kita berdua dapat berbahasa Spanyol, hal itulah yang membuat kita berdua memiliki kesamaan" Kata Tining dengan semangat.

Tining tampaknya lebih banyak berbicara dan penuh dengan kasih sayang, sedangkan Nena cenderung diam dan duduk di sampingnya sambil tersenyum. Salah satu cucu mereka mengatakan, mungkin rahasia dari pertemanan mereka adalah Tining yang selalu bercerita, dan Nena selalu mendengarkan.

Tidak selamanya kisah pertemanan mereka indah, Tining dan Nena pernah berpisah dikarenakan peperangan pada tahun 1941. Tidak lama mereka berpisah, masing-masing menikah dan menjalankan hidupnya. Tining menikahi Cesing seorang lelaki yang memiliki pertanian keluarga di Cadiz, tanpa disangka kebun di sebelahnya adalah kebun milik keluarga Nena.

Nena dan Tining akhirnya bertemu kembali, "Saat bertemu dengan Nena, saya sangat bahagia. Saya datang ke Cadiz tanpa teman, saya juga tidak dapat berbahasa dialek. Yang diriku kenal hanya suami dan mertuaku saja, sejak saat itu saja menjadikan Nena sebagai teman baikku'' Jelas Tining.

Bukan hanya Nena dan Tining saja yang bersahabat, keluarga mereka masing-masing juga memiliki hubungan yang erat. Dari anak, cucu, hingga suami dari Nena dan Tining juga bersahabat. Nena dan Tining memiliki hobi yang sama, yaitu bermain Mahjong. Mereka berdua mengatakan, rahasia pertemanan panjang dan sehat mereka dengan bermain Mahjong.

"Kami berdua jarang sekali berselisih. Bila ada hal yang tidak kami setujui, kami segara membicarakannya" Jelas Tining.

Pada ulang tahun Tining yang ke-101, Nena dan Tining menghabiskan waktu bersama membicarakan masa lalu mereka. 80 tahun telah menjalin hubungan sahabat baik, hingga saat ini mereka berdua masih sering bertemu untuk bercengkrama.

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Pahitnya Hidup Hamish Daud, Tinggal di Hutan hingga Alami Koma
Artikel Selanjutnya
Teater Poda, Refleksi Kehidupan Dalam Pertunjukan Menyayat Hati