Sukses

IKEA Teras Indonesia Hadirkan Produk UKM Khas Nusantara

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memperkenalkan dan sekaligus mengangkat produk-produk UKM, IKEA Indonesia mengadakan pameran Teras Indonesia ke-6 yang kali ini menghadirkan produk-produk favorit seperti kain batik, kain tenun dan juga aneka tas yang terbuat dari bahan tekstil maupun kanvas.

Teras Indonesia merupakan kerjasama antara IKEA Indonesia dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), kali ini diikuti oleh tiga peserta UKM yaitu Berkat Pandu, Nusantara Kreatif, dan Heejou. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 4-6 Agustus 2017 ini berada di area pintu masuk toko IKEA Alam Sutera.

Ketiga UKM yang berpartisipasi menampilkan produk-produknya di IKEA Alam Sutera tampak antusias mendapatkan kesempatan tersebut. Karena IKEA dapat memberikan kesempatan kepada mereka untuk memperkenalkan produk-produk seperti batik tulis, batik cap, tenun dan tas kain.

1. Berkat Pandu
Batik Berkat Pandu berdiri sejak tahun 2010, dengan membuat kain batik tulis, batik cap dan batik print di daerah Solo yang memperkerjakan tujuh orang karyawan di Solo dan dua orang karyawan di Jakarta.

Sejak tahun 2011 Batik Berkat Pandu menghadirkan koleksinya di Mall Thamrin City, dan aktif mengikuti pameran yang digelar berbagai instansi pemerintah dan bekerjasama dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra.

2. Nusantara Kreatif (Tenun NTT)
Upaya Nusantara Kreatif diinisiasi dari tahun 2015 secara individu dan berkelompok oleh lintas pekerja kreatif untuk tenunan pewarna alami khas Alor, dimulai dari Sanggar Gunung Mako Sariat Tole/Libana di desa Hula, kecamatan Alor Barat Laut, kabupaten Alor, NTT.

Di tahun 2017 ini kain tenunan pewarna alami mendapatkan sentuhan tangan dingin dari seorang perancang busana Fransisca Darmawan (Sisca). Melalui produk ready to wear, busana tenun jadi terlihat semakin stylish.

3. Heejou
Heejou bergerak di bidang produksi tas berbahan baku utama jeans dan kanvas yang menggunakan aplikasi bordir, dengan brand bernama Heejou, yang didirikan pada tahun 2009. Ide awal pembuatan tas Heejou adalah berangkat dari keinginan untuk mengurangi penggunaan tas plastik dalam kegiatan harian.

Sekarang, Heejou telah berkembang menjadi produsen tas harian dengan berbagai varian bentuk dan telah tersebar di sekitar 20 kota di Indonesia. Heejou bergabung dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra pada tahun 2015.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Kuliner Khas di Makassar Culinary Night Siap Menggoyang Lidah
Artikel Selanjutnya
Wonderful Indonesia Festival 2017 Siap Digelar