Sukses

Ingin Menghindari Perceraian? Sebaiknya Anda Menikah di Usia Ini

Liputan6.com, Jakarta Menurut data, satu dari empat pernikahan berakhir pada perceraian. Begitu mendengar hal ini, Anda mungkin langsung merasa was-was untuk menikah.

Tidak heran, jika banyak orang membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk memastikan dirinya sendiri dan pasangan adalah dua orang yang tepat dipersatukan dalam sebuah rumah tangga. Dilansir dari bravotv.com, Senin (7/8/2017), beberapa penelitian menunjukkan bahwa menentukan usia saat menikah juga penting untuk dilakukan.

Lantas, berapa usia yang paling tepat untuk menikah? Menurut data dari National Survey of Family Growth, Nick Wolfinger, seorang profesor di University of Utah, menemukan bahwa pada rata-rata usia 31 tahun atau di bawahnya, tingkat perceraian berkurang hingga 11%.

Menariknya, setelah usia 32 tahun, perceraian justru meningkat sebanyak 5% setiap tahunnya. Menurut ahli hukum keluarga, James D. Scott, yang menangani lebih dari 2.000 kasus perceraian selama 36 tahun kariernya, usia menikah bagi orang-orang saat ini semakin lama.

"Pria tidak lagi mau membagi penghasilan mereka. Mereka tidak ingin menyatukan gaya hidupnya dengan seorang pasangan," ungkap James.

Seorang penasihat pasangan, Julienne Derichs, mengatakan bahwa perceraian adalah tantangan pola sosial yang perlu diukur. Julienne juga menyakini bahwa peningkatan angka perceraian dari tahun ke tahun pasti karena beberapa sebab yang pasti.

"Penting untuk diingat bahwa pendidikan, kemampuan berkomunikasi tanpa kekerasan, dan tingkat komitmen adalah indikator dari kepuasan sebuah hubungan," papar Julienne.

Penelitian menunjukkan bahwa untuk mengurangi risiko perceraian dalam lima tahun pertama usia pernikahan, Anda harus menikah di antara usia 28 hingga 32 tahun, atau 45 sampai 49 tahun. Tingkat perceraian terus menurun dari usia 18 hingga 32 tahun dan meningkat lagi dari akhir usia 30 hingga awal usia 40 tahun.

Intinya, Anda disarankan untuk menikah setelah usia 28 dan sebelum 32 tahun untuk menghindari perceraian. Berapa usia Anda sekarang?

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Tips Jaga Kehidupan Seks Pasutri Terus Panas
Artikel Selanjutnya
Selingkuh Saat Pacaran, Setelah Menikah pun Tak Setia?