Sukses

Gelaran Dieng Culture Festival 2017 di Mata Pengamat Pariwisata

Liputan6.com, Jakarta  

Kawasan Dieng selalu punya daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Selain memiliki keindahan alam dan berbagai bangunan cagar budaya, kawasan ini juga dilingkupi kebudayaan yang masih sangat kental. Hadirnya Dieng Culture Festival (DCF) 2017 menjadi momen untuk menampilkan atraksi seni budaya yang tidak terdapat di daerah lain. Hal tersebut setidaknya diutarakan Chusmeru, Pengamat Pariwisata dari Universitas Jenderal  Soedirman.

"Agar wisatawan mancanegara pulang membawa kesan menyenangkan, maka perlu atraksi seni budaya khas, yang tidak terdapat di daerah lain," kata Chusmeru di Purwokerto, Jumat (4/8/2017), seperti yang dikutip dari Antara.

Dia menambahkan, manajemen hotel, rumah makan, dan biro perjalanan juga dituntut untuk dapat menyajikan atraksi seni budaya bagi wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara.

"Hal ini sekaligus akan memberikan keuntungan bagi masyarakat dan seniman lokal dalam gelaran Festival Budaya Dieng," katanya.

Selain itu, dia juga mengingatkan perlunya mengajak wisatawan untuk ikut berpartisipasi dalam festival.

"Partisipasi dan interaksi wisatawan dalam festival juga penting," katanya.

Untuk itu, kata dia, yang perlu dipersiapkan oleh pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan di bidang pariwisata adalah sarana dan prasarana wisata serta atraksi wisata.

"Tujuannya untuk menciptakan kesan dan kenangan baik bagi wisatawan," katanya.

Dengan demikian, tambah dia, pada Festival Budaya Dieng berikutnya, para wisatawan mau datang kembali dan menyarankan kepada teman, keluarga, dan orang lain untuk datang.

Sementara itu, dia juga mengingatkan mengenai pentingnya menjaga kebersihan di lokasi acara.

"Satu hal sepele yang perlu diperhatikan adalah fasilitas MCK. Toilet yang jorok dan sampah dapat menjadi perhatian wisatawan mancanegara," katanya.

Dia juga mengingatkan, bahwa sajian kuliner juga menjadi salah satu hal yang perlu mendapat perhatian.

"Jika memang pemkab, hotel, dan restoran hendak menyajikan kuliner khas daerah, maka perlu diperhatikan dengan baik, wisatawan mancanegara sangat sensitif terhadap rasa makanan yang terlalu pedas atau mengandung banyak penyedap rasa," katanya.

Sementara itu, Festival Budaya Dieng atau Dieng Culture Festival 2017 akan berlangsung pada 4-6 Agustus 2017 dengan sebagian besar daftar kegiatan penting akan dilangsungkan di kompleks Candi Arjuna, Banjarnegara. (Antara/ Wuryanti Puspitasari) *

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Artikel Selanjutnya
Angkat Wisata Negeri di Atas Awan dengan Festival Kopi Toraja
Artikel Selanjutnya
PHOTO: Pelajar Serbu Stan Pameran Festival Prestasi Indonesia