Sukses

Merencanakan Dana Pendidikan Anak Semudah Menggenggam Smartphone

Liputan6.com, Jakarta Tahun ini mungkin adalah tahun pertama Anda menjalani kehidupan berumah tangga. Tentunya semakin banyak kebutuhan dan rencana ke depan yang harus dipikirkan dengan matang. Salah satunya adalah memiliki momongan.

Memiliki keturunan berarti Anda juga perlu membuat perencanaan keuangan agar dapat menunjang seluruh kebutuhan si kecil. Salah satunya adalah biaya pendidikan. Lalu, bagaimana cara mempersiapkan pendidikan masa depan anak?

Atur kembali perencanaan keuangan

Ilustrasi mengatur keuangan.

Mengatur keuangan memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Begitu mulai berumah tangga, tentu kamu sudah memiliki perencanaan sendiri bersama pasangan. Ketika memutuskan untuk memiliki anak, kamu harus mengatur kembali perencanaan keuanganmu dengan menjadikan si buah hati sebagai prioritas utama.

Diskusikan baik-baik dengan pasangan. Pertimbangkan kembali pengeluaran bulanan dan bandingkan dengan perkiraan kebutuhan anak di masa depan. Pangkas pengeluaran yang dinilai kurang perlu dan mempersiapkan investasi untuk calon buah hati. Kalau perlu, kamu juga bisa meminta bantuan perencana keuangan.

Hitung biaya pendidikan anak Anda

Ilustrasi tabungan konvensional.

Mulai hitung estimasi biaya pendidikan anak Anda sampai jauh ke depan. Tidak ada salahnya memperkirakan berbagai kemungkinan, misalnya anak memilih universitas swasta daripada negeri, anak menyukai jurusan tertentu seperti musik, fashion design, bisnis atau kedokteran, anak ingin melanjutkan kuliah program magister atau bahkan hingga program doktor.

Investasi

Ilustrasi investasi.

Investasi merupakan penanaman modal jangka panjang untuk tujuan memperoleh keuntungan. Itu berarti,jika Anda sudah memiliki investasi sekecil apapun, Anda sudah memiliki persiapan untuk masa depan, tak terkecuali kebutuhan akan pendidikan anak yang harus dipersiapkan sejak dini.

Ada banyak pilihan investasi, mulai dari pasar saham, reksadana, hingga deposito. Deposito bisa disebut sebagai salah satu instrumen yang patut dipertimbangkan karena selain memberikan hasil investasi menarik, risiko juga paling kecil dibandingkan dengan instrumen lainnya. Tidak heran kalau banyak orang yang memilih deposito untuk berinvestasi.

Di antara begitu banyaknya deposito yang ditawarkan saat ini, tentuakan sulit bagi kamu untuk menentukan pilihan. Saat ini ada produk deposito yang praktis, mudah, menguntungkan, dan patut kamu pertimbangkan dari aplikasi perbankan revolusioner Jenius dari BTPN. Jenius telah merilis Maxi Saver, deposito berjangka yang bisamemaksimalkan tabunganmu. Suku bunga yang diberikan hingga 6,25% dengan pilihan nilai pokok mulai dari Rp10.000.000,-.

Yang lebih menguntungkan lagi adalah untuk seluruh penempatan Maxi Saver sampai dengan tanggal 31 September 2017 dengan nilai pokok mulai dari Rp10.000.000,- dan tenor sesuai pilihan kamu, yakni mulai dari 1 hingga 12 bulan, kamu akan memperoleh bunga tertinggi dari Maxi Saver, yaitu 6,25%. Selain itu, setelah Maxi Saver kamu jatuh tempo, kamu bisa memilih Automatic Rollover (ARO) atau non-Automatic Rollover (non-ARO).

Yang membuat Maxi Saver berbeda, deposito berjangka ini bisa dibuat langsung dari smartphone kamu, kapan aja, di mana aja.

Dengan Jenius, kini merencanakan dana pendidikandan masa depan buah hati Anda semudah mengakses smartphone dalam genggaman. Untuk info lebih lanjut, klik tautan berikut, atau klik di sini untuk men-download dan mulai menggunakan Jenius untuk kehidupan keuangan yang lebih terencana.


(Adv)

Artikel Selanjutnya
Cara Ajarkan Anak Mengenal Uang
Artikel Selanjutnya
Yuk, Rangkul Kebaikan Demi Pendidikan Anak Indonesia!