Sukses

Kisah di Balik 3 Mahakarya Lukisan di Kulkas Bergaya Retro

Liputan6.com, Jakarta Menikmati lukisan tak hanya di media kanvas saja. Karena media lainnya seperti lemari pendingin alias kulkas juga dapat disulap menjadi karya seni berkat tangan terampil dari seniman seperti Hendra Harsono, Radi Arwinda, dan Kemal Ezedine.

Ketiga seniman itu melukiskan karya mereka di lemari pendingin Retrofridge dari Modena. Karya seni yang terbatas itu pun disebut Masterpiece Retrofridge.

Modena sengaja memilih produk tersebut karena Retrofridge memang didedikasikan untuk desain. Sehingga, kecantikannya dapat diberi nilai tambah dengan karya seni di badannya.

Setiap seniman pun melukis dengan gayanya masing-masing. Dengan medium lemari pendingin yang tak biasa, hal ini pun menjadi tantangan tersendiri bagi setiap seniman.

 

Hendra Harsono mengaku tertantang dengan melukis di atas kulkas. Selama dua minggu, ia mencari ide karena bingung mau membuat lukisan yang seperti apa. Namun, dengan memandangi kulkas itu, ia akhirnya tebersit untuk menceritakan pengalaman menyenangkannya ketika memiliki kulkas.

"Saya excited sekali ketika baru punya kulkas. Saya pernah bikin puding, tapi terlalu keras. Hehehe... inilah yang saya lukis. Maka bisa dilihat ada bentuk seperti puding cokelat," ujar pria dengan sapaan Hehe ini.

 

Lain lagi dengan Radi Arwinda yang memutuskan untuk melukis kucing pemanggil keberuntungan. Fungsi kulkas adalah untuk mengawetkan sehingga ia berharap kucing yang dipadatkan dalam kulkas akan mengawetkan keberuntungan.

 

Kesan mendalam terhadap cara seniman Bali bekerja membuahkan karya Dedicated yang dilukis oleh Kemal Ezedine. Dengan tinta minyak, ia berkreasi dengan garis, yaitu garis tebal, medium, dan tipis. Karyanya sarat akan detail yang terinspirasi oleh lukisan Wayang Kamasan.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini.