Sukses

Inilah 5 Fakta Pulau Bali yang Jarang Diketahui Orang, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Pulau Bali sudah menjadi tempat yang terkenal di seantero dunia. Mulai dari kekayaan budaya hingga pariwisata yang beragam, semua dapat ditemukan di sini. Namun ada 5 fakta Pulau Bali yang jarang diketahui orang. Apa saja?

Penduduk Bali
Ternyata Pulau Bali sudah dihuni sejak 2000 tahun sebelum masehi, artinya pulau ini sudah ada penduduknya sudah 4 ribu tahun lamanya. Kebanyakan para penghuninya adalah orang ras Austronesia. Selain itu banyak orang India dan Tiongkok yang bermigrasi ke Pulau Dewata ini.

Kapan Bali disebut sebagai Bali?
Kapankah Pulau Bali disebut sebagai Bali? Ternyata nama Bali sudah digunakan dan ada sejak tahun 914. Hal ini dibuktikan dari tulisan di Prasasti Blanjong, yang ditulis oleh Sri Kesari Warmadewa.

Siapa yang membuat Pulau Bali makin populer?

Sebanyak 500 seniman asal Kabupaten Badung, Bali ikut ambil bagian memeriahkan Pesta Kesenian Bali (PKB).
Ternyata sebelum Indonesia merdeka, Bali sudah menjadi destinasi yang populer. Salah satu buktinya adalah karya dari Margaret Mead-Gregory Bateston, Miguel Covarrubias Walter Spies, dan Collin PcPhee. Mereka membuat bali makin dikenal berkat karya yang dipublikasikan tahun 1930.

Ternyata Bali penggemar sabung ayam
Sabung Ayam, atau pertarungan antara dua ayam pejantan ini, ternyata menjadi hal yang populer di Bali. Bahkan pulau ini memiliki lokasi sabung ayam terbanyak di Indonesia, karena tradisi yang mengikat. Namun akhir-akhir ini banyak Sabung Ayam yang dilakukan untuk perjudian.

Wanita Bali adalah sosok paling setia

Penari Bali menarikan tari pendet saat pembukaan WKF World Junior, Cadet and U-21 Championship 2015 di ICE Serpong, Banten, Kamis (12/11/2015). 1.425 peserta dari 91 negara berlaga di ajang ini. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Selain cantik dan lihai menari, wanita Bali merupakan sosok yang paling setia. Hal ini dikarenakan sistem paternalistik yang dianut masyarakat Bali, membuat wanita menjadi terikat. Akhirnya mereka harus setia pada pemimpin yang ada di rumah, dan melakukan prosesi sesuai dengan adat.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
10 Fakta Kekejaman di Korea Utara, Beruntung Tak Jadi Warga Sana
Artikel Selanjutnya
7 Fenomena Alam yang Belum Dapat Dijelaskan