Sukses

48 Lukisan Koleksi Istana Dipamerkan dalam Senandung Ibu Pertiwi

Liputan6.com, Jakarta Pameran lukisan koleksi Istana kembali digelar di Galeri Nasional. Dibuka untuk umum mulai besok, pameran ini digelar mulai 2-30 Agustus 2017. Mengusung tema besar “Senandung Ibu Pertiwi”, pameran diikuti oleh 48 lukisan dari 41 perupa yang dibuat antara abad-19 dan abad-20.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Selasa (1/7/2017), pameran lukisan koleksi Istana ini setidaknya punya tiga fungsi penting. Pertama, masyarakat dan pencinta seni dapat menikmati karya para seniman Indonesia yang berkualitas pada masa lalu.

Kedua, menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki banyak perupa dengan karya-karya yang berkualitas. Dan terakhir, melalui pameran ini pemerintah ingin menunjukkan komitmen pemeliharaan karya-karya seni rupa berkualitas peninggalan dari masa lalu yang menjadi koleksi Istana.

Bahkan tak hanya lukisan, pameran ini juga memamerkan arsip dan dokumentasi menarik perihal para perupa dan seniman Tanah Air pada masa lalu.



Karya-karya yang dipamerkan menyuguhkan banyak tema menarik, seperti keragaman alam Nusantara yang keindahannya menjadi daya tarik wisata, keragaman masyarakat Indonesia, hingga tradisi dan identitas yang melekat pada bangsa Indonesia. Tak hanya itu, beberapa lukisan juga mengusung tema mitologi yang berasal dari semua agama di Indonesia. Salah satunya adalah karya perupa Ahmad Sadali dan AD Pirous yang mengembangkan seni rupa abstrak dan menggabungkannya dengan seni kaligrafi.

Selama pameran digelar, panitia penyelenggara juga menyuguhkan beragam hiburan penuh edukasi menarik lainnya, mulai dari workshop melukis bersama komunitas difabel yang digelar 10 Agustus, diskusi koleksi lukisan Istana yang digelar 19 Agustus, hingga tur pameran bersama para kurator yang digelar tiap Sabtu dan Minggu selama pameran berlangsung.

Simak juga video menarik berikut ini: