Sukses

Museum Perjuangan Bogor, Saksi Seragam Tentara Bersimbah Darah

Liputan6.com, Jakarta Tentara memiliki andil besar dalam masa peperangan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bahkan sampai titik darah penghabisan, para tentara tidak gentar hingga musuh terkalahkan. Berbagai cerita ini masih tersimpan dengan baik dalam Museum Perjuangan Bogor.

Museum yang ada di kawasan Jalan Merdeka ini, ternyata menyimpan sejarah perjuangan tentara dan masyarakat di Kota Bogor. Mulai dari peralatan perang yang tersimpan rapi, hingga berbagai diorama berbagai peperangan yang pernah terjadi di Bogor. Diorama tersebut menceritakan Pertempuran Bojong Kokosan, Pertempuran Maseng, hingga Pertempuran di Bantammer Weg alias Jalan Kapten Muslihat.

Namun ada beberapa benda istimewa yang tidak ada di museum lainnya, yaitu seragam tentara dan bendera Merah Putih yang bersimbah darah. Kedua koleksi ini merupakan benda asli yang digunakan ketika peperangan sedang berlangsung. Bahkan bercak darah yang ada di seragam tentara, bisa terlihat dengan jelas hingga saat ini.

Selain itu, berbagai jenis seragam yang digunakan pada zaman perang juga ditampilkan dalam museum yang memiliki dua lantai ini. Tidak ketinggalan pula koleksi mata uang berbagai zaman, ditampilkan dengan apik.

Tentunya, museum ini juga ingin membuktikan pahlawan dan tentara tidak akan pernah mati, karena mereka hidup dalam perjuangan bangsa dan negara.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini :