Sukses

Kurangi Efek Buruk Fast Food dengan Lakukan 3 Hal Ini

Minimalisasi dampak mengkonsumsi fast food dengan tiga hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Mengkonsumsi makanan cepat saji atau fast food memang tidak disarankan. Selain tidak baik untuk kesehatan, terlalu sering mengkonsumsi makanan jenis ini juga bisa membuat Anda ketagihan.

Namun jika sekali-sekali memakannya, tentu saja masih diperbolehkan. Namun, ini pun masih ada syarat-syaratnya. Dikutip dari DuitPintar.com, berikut tips untuk mengurangi efek buruk fast food saat ingin memesannya.

1. Prioritaskan pilih menu yang ada nasi

Ada baiknya memilih menu dengan nasi putih ketimbang sandwich atau burger yang dilengkapi kentang goreng. Burger dan kentang goreng jelas mengandung lemak tinggi.

Burger dan sandwich umumnya diisi oleh daging olahan yang berlemak, belum lagi ada kejunya. Ditambah kentang sebenarnya adalah pengganti nasi (karbohidrat), sedangkan burger pun mengandung karbohidrat di rotinya.

2. Jika pesan ayam goreng, batasi makan kulitnya

Kulit ayam goreng di restoran cepat saji rasanya memang enak. Selain gurih, tentu makin nikmat jika dimakan bersama dengan sambal atau saus tomat.

Namun, patut Anda ketahui, yang membuatnya gurih justru tepungnya. Jadi yang Anda nikmati itu adalah kulit dan tepung. Ayam dengan kulit mengandung tujuh gram lemak jenuh.

3. Jangan pesan minuman bersoda

Membeli paket hemat biasanya sudah mendapat minuman. Nah, kalau sedang makan di restoran cepat saji, lebih baik pilih air putih saja atau lemon tea.

Kandungan gula di minuman bersoda itu cukup tinggi. Artinya, ini bisa membuat badan Anda kelebihan kalori yang berujung kepada perut buncit. Selain itu, pewarna minuman bersoda juga bisa merusak ginjal.

Minuman bersoda juga mengandung asam fosfat yang ternyata bisa membuat tulang jadi rapuh. Ngeri, kan? Dan minuman itu juga bisa meningkatkan produksi urin, yang ujung-ujungnya akan membuat Anda kekurangan cairan.

Tidak apa-apa sesekali menyantap makanan cepat saji asal jangan terlalu sering. Dan jika mau beli fast food, selalu ingat dengan tips di atas. Lalu jangan lupa, setelah makan makanan cepat saji, besok harus kembali ke pola makan sehat ya!

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.