Sukses

Rawat Laptop agar Dompet Aman dari Biaya Servis

Liputan6.com, Jakarta Buat pekerja masa kini, menggunakan peralatan elektronik seperti laptop bukanlah hal baru dan mewah. Kini banyak laptop berbagai tipe dan merek yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kantong.

Menilik pentingnya peralatan elektronik yang satu ini, sudah seharusnya kita peduli dengan kondisinya. Jangan hanya bisa pakainya, tapi rawat dan perhatikan juga kinerjanya agar tetap terjaga kondisinya.

Tidak hanya itu, laptop biasanya juga berisi data-data pekerjaan penting. Kalau sering rusak, jelas ini bisa mengganggu performa kerja. Simak delapan tips merawat laptop dari DuitPintar.com ini.

1. Perhatikan baterai
Baterai sudah pasti jadi salah satu komponen penting dari laptop. Fungsinya adalah sebagai sumber daya yang membuat laptop bisa berfungsi. Salah satu cara agar baterai awet adalah sebisa mungkin jangan gunakan laptop saat sedang di-charge, kecuali kalau memang keadaan sedang tidak memungkinkan. Misalnya di tengah meeting penting dan laptop harus terus menyala.

Agar baterai laptop tidak mudah rusak, jangan setting hibernate pada laptop terus-menerus. Ini lama-kelaman bisa mempengaruhi kinerja atau kualitas baterai. Dan jangan biarkan keadaan baterai sampai nol persen ya.

2. Bersihkan setiap hari
Tentu saja masalah kebersihan juga harus diperhatikan. Debu yang kelihatannya kecil dan remeh bisa merusak juga kalau dibiarkan menumpuk. Bersihkan laptop dengan alat-alat yang kini sudah banyak disediakan.

3. Jauhkan dari hal-hal yang bisa merusak perangkat keras laptop
Jangan letakkan minuman atau makanan di dekat laptop. Kalau tersenggol dan tumpah mengenai laptop, bisa-bisa merusak perangkat kerasnya. Apalagi air merupakan musuh utama perangkat elektronik dan jauhkan juga laptop dari benda-benda yang bersifat magnet.

1 dari 2 halaman

4. Bijak mengunduh software


Jangan sembarangan mengunduh software dari Internet. Jika tidak berhati-hati, bisa-bisa software mengandung virus dan merusak sistem yang bekerja dalam perangkat laptop kita.

5. Perhatikan letak laptop
Terkadang bekerja sembari bersantai di atas kasur memang menyenangkan. Tapi sebaiknya jangan letakkan laptop sembarangan.
Salah satu contohnya adalah di atas kasur. Posisi seperti ini akan menutup kipas laptop yang berfungsi mendinginkan suhu laptop. Itu bisa membuat sirkulasi udara di dalamnya terganggu. Selain itu, debu dan kotoran lain yang tak terlihat bisa masuk ke dalam komponen laptop kita.

6. Jauhkan dari jangkauan anak kecil
Buat yang sudah berkeluarga, pastikan untuk menjaga laptop jauh dari jangkauan anak-anak. Antisipasi ini harus diperhatikan demi menghindari hal yang tidak di inginkan.

Namanya juga anak-anak, mereka akan menganggap laptop kita sebagai mainan. Jadi jangan sampai data-data yang ada di dalam laptop jadi berantakan atau laptop jadi rusak karena lalai mengamankannya.

7. Beri waktu istirahat buat laptop
Jangan forsir penggunaan laptop Anda hingga non-stop. Beri jeda untuk laptop beristirahat. Sama halnya seperti manusia, laptop juga butuh istirahat supaya kerjanya optimal.

8. Gunakan dengan benar
Saat sudah selesai menggunakan laptop, sebaiknya dimatikan dulu hingga laptop benar-benar dalam keadaan off. Hard disk yang masih dalam keadaan menyala jika dibiarkan terus-menerus akan cepat rusak.

Selain itu, matikan laptop dengan benar kalau sudah selesai digunakan. Caranya dengan meng-klik tombol “shut down”. Tujuannya adalah untuk menghemat energi dan menjaga data-data yang ada di laptop Anda tersimpan dengan aman.

Jangan hanya kesehatan diri sendiri yang diperhatikan. Barang-barang berharga, terutama yang penting dan memudahkan pekerjaan kita, tentunya harus dirawat juga.

Peralatan elektronik seperti laptop tentu sangat vital untuk kita yang sehari-hari menggunakannya dalam pekerjaan. Jadi, jangan malas dan meremehkan kondisi laptop ya. Lebih baik repot di awal daripada ujung-ujungnya boros pengeluaran servis dan bahkan beli baru sebelum waktunya.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Mengenal Service Charge Apartemen yang Wajib Dibayar Penghuni
Artikel Selanjutnya
Mau Liburan Tapi Tak Punya Uang? Ini 5 Trik Atasinya