Sukses

7 Cara Memasak Kue Agar Tidak Bantat dengan Hasil Sempurna

Liputan6.com, Jakarta Cara memasak kue dengan teknik yang benar sangatlah dibutuhkan. Mengapa? Karena teknik yang tepat dapat menghasilkan kue yang mengembang dan tidak bantat. Betapa sedihnya saat mengetahui kue yang sudah susah payah dibuat justru gagal. Walaupun bisa dimakan, namun bentuk dan teksturnya pastinya tak karuan. Nah, untuk menghindari hal itu, ada beberapa tips dasar cara membuat kue berikut ini:

1. Pastikan Semua Bahan Bersuhu Ruang
Jika ingin membuat bolu, pastikan telur yang digunakan bersuhu ruang. Telur mampu menjadi pengembang yang baik jika ia bersuhu ruang saat dikocok. Jika terlalu dingin, maka telur akan sulit mengembang. Hal ini juga berlaku pada margarin. Sebaiknya, jangan menuang margarin yang baru dilelehkan langsung ke adonan saat panas. Tunggu saat suhu sudah agak mendingin.

2. Proses Melelehkan Mentega
Lelehkan margarin dengan api kecil dan tak perlu menunggu sampai margarin meleleh semuanya. Jika sudah hampir cair dan masih ada sebagian mentega yang belum cair, segera matikan api. Lalu pindahkan ke wadah agak lebar, namun bukan piring, karena piring bisa membuat suhu mentega dingin dan mengakibatkan bolu bantat.

3. Wadah untuk Membuat Kue
Sebelum membuat kue, pastikan semua wadah dan alat yang digunakan benar-benar kering, jangan ada air, minyak atau mentega. Alat yang basah akan membuat adonan jadi bantat. Sebaiknya, alat atau wadah juga memiliki suhu ruangan ya.

4. Cara Mencampur Bahan
Saat menuang bahan juga tak bisa sembarangan. Tuanglah bahan perlahan. Jika menggunakan tepung sebaiknya ayak terlebih dahulu. Setelah menuang, gunakan spatula untuk mengaduk perlahan. Untuk meminimalisir adukan, gabungkan bahan kering terlebih dahulu, baru tuang ke bahan basah. Hal yang sama juga Anda lakukan pada bahan basah.

5. Durasi Mengocok Adonan


Cara membuat kue bolu agar tidak bantat adalah dengan tidak dikocok terlalu lama. Saat mengocok telur dan gula, gunakan kecepatan rendah dengan mixer. Lalu naikkan kecepatan perlahan agar mengembang. Lama mengocok juga harus disesuaikan. Jika mengocok terlalu cepat, maka adonan akan tidak stabil dan cepat turun saat dipanggang. Jika terlalu lama, maka adonan akan terlalu banyak udara yang menyebabkan bantat.

6. Atur Temperatur Oven
Sebelum memasukkan adonan ke oven, maka panaskan oven terlebih dahulu. Ini bertujuan agar adonan langsung mengembang sesaat di masukkan. Namun, jangan terlalu panas karena adonan bisa cepat gosong. Selain itu, jangan buka tutup oven karena nanti kuenya akan turun.

7. Tambahkan Bahan Pengembang
Umumnya, di setiap resep kue terdapat rising agent yang mampu membuat kue mengembang dan empuk. Bahan pengembang tersebut antara lain baking powder, soda kue dan cake emulsifier.

Lakukan tips di atas jika Anda ingin membuat kue dengan hasil yang sempurna. Tapi bagi Anda yang tidak punya cukup waktu untuk membuat kue, Anda bisa menikmati berbagai macam kue dan camilan unik dengan harga yang sangat terjangkau di sini.

Artikel Selanjutnya
Ide Menu Sarapan Pagi yang Praktis dan Wajib Coba
Artikel Selanjutnya
5 Rahasia Tampil Cantik Walau Tanpa Makeup