Sukses

Super Canggih, Bandara Changi Terapkan Sistem Tanpa Loket

Liputan6.com, Jakarta Bandara biasanya penuh dengan berbagai loket yang harus dikunjungi, namun berbeda dengan inovasi baru yang diberikan oleh Bandara Changi di Singapura. Nantinya para penumpang yang melalui terminal baru, akan dimudahkan dengan sistem tanpa loket. Tentunya inovasi ini akan mempermudah penumpang, untuk menikmati waktunya melihat keindahan Bandara Changi.

Pengalaman berpergian baru tanpa loket ini disebut dengan Fast and Seamless Travel (FAST), mulai dari awal ketibaan hingga keberangkatan. Dengan penggunaan teknologi iini, nantinya para penumpang akan dipindai dengan piranti lunak pengenal wajah. Sehingga para penumpang tidak perlu repot menunggu loket check in dibuka, untuk melaporkan kehadirannya.

Diperkirakan teknologi ini akan meningkatkan produktivitas, karena dalam jangka panjang akan menghemat tenaga kerja. Jadi bila operasional terminal baru di Bandara Changi ini sudah stabil, nantinya tenaga kerja yang digunakan turun sekitar 20 persen dibanding biasanya. Penumpang juga menjadi lebih nyaman dengan proses check-in yang lebih cepat.

Tidak hanya itu, terminal 4 Bandara Changi ini juga menjadi yang paling efisien. Meski memiliki ukuran setengah luas terminal 3, ruang terminal 4 bisa menampung sekitar 16 juta atau 75 persen penumpang yang biasa mampir di terminal 3. Nantinya penumpang yang akan melewati terminal 4 juga disuguhkan aktraksi menarik tidak kalah dengan terminal lainnya. Apakah Anda ingin mencoba menjelajahi Bandara Changi lagi?

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
PHOTO: Skytrain Kereta Tanpa Awak, Begini Penampakannya di Bandara Soekarno-Hatta
Artikel Selanjutnya
VIDEO: Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Mulai Diuji Coba