Sukses

Art Jakarta, Oase bagi Penikmat Seni dan Gaya Hidup

Liputan6.com, Jakarta Penikmat seni akan termanjakan dengan kehadiran kembali Art Jakarta. Acara yang pertama kali diadakan pada 2009 ini kini mengusung tema "Unity in Diversity". Berlangsung di Grand Ballroom The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place, hingga 30 Juli 2017, acara ini menampilkan karya seni dan instalasi dari galeri lokal serta mancanegara.

Sesuai dengan temanya, Art Jakarta 2017 membawa pesan seni bisa menyatukan segala perbedaan di manapun. Art Jakarta juga telah mendunia dengan ciri tersendiri yaitu menggabungkan seni dengan komponen fashion dan lifestyle.

Head of Commitee Art Jakarta 2017 Indriati Wirjanto mengatakan, Art Jakarta memang diinisiasi, dikembangkan, dan dibesarkan di Indonesia, tetapi juga merupakan sebuah art fair bertaraf internasional yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Mulai dari penikmat seni pemula hingga kolektor dan praktisi dunia seni rupa. Art Jakarta juga hadir sebagai hub dan tempat untuk menjalin jaringan pencinta dan pelaku senirupa.

"Kemudahan akses, konsep pameran dan program-program yang dihadirkan membuat Art Jakarta dapat menarik minat masyarakat untuk menghabiskan akhir pekan. Dengan menggabungkan seni dan komponen fashion dan lifestyle, pengunjung pun dapat menikmati seni dengan sentuhan gaya hidup," kata Indriati di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Tidak hanya menghadirkan karta seni berkelas internasional, pengunjung dapat berinteraksi dengan berbagai cabang seni lewat instalasi produk fashion dan lifestyle ternama. Misalnya mengikuti creative art class, creative talk, hingga berpartisipasi dalam pelelangan untuk mendukung komunitas seni di Jakarta.

Berbagai seni yang terbilang belum biasa misalnya benang yang terus berputar, mangkuk berisi ikan yang terbuat dari akrilik, hingga video seni yang termasuk dalam media baru.

Ria Lirungan, Editor in Chief Harper's Bazaar Indonesia dan Deputy Head of Committee Art Jakarta, mengatakan, seni adalah elemen penting di negeri ini. Berkat perhelatan senirupa, termasuk Art Jakarta, pencinta dan kolektor senirupa bertumbuh dan berkembang.

Art Jakarta hadir secara konsisten, menyajikan sebuah art fair premium berkelas internasional dengan memasukkan gaya hidup di dalamnya sehingga berbeda dengan yang lain. Pengunjungnya pun meningkat hampir 45 persen dan angka transaksi meningkat pada 2016. Angka ini menunjukkan sumbangsih nyata Art Jakarta dalam menumbuhkan apresiasi seni dan memperkuat posisi Indonesia dalam peta seni Asia dan dunia.

Artikel Selanjutnya
Rossa hingga Ayu Ting Ting Bikin Pangling dalam Balutan Tenun
Artikel Selanjutnya
Kolaborasi Warga dan Seniman dalam Festival Gang Abdul Jabar #2