Sukses

Kedatangan Peserta Wonderful Sail 2 Memantik Sail Sabang 2017

Liputan6.com, Jakarta Penyambutan Perhelatan Wonderful Sail 2 Indonesia Rally 2017 berlangsung meriah. Para Yachter dari 15 negara dengan 70 Yacht dan 150 Wisman terlihat sumringah dalam penyambutan yang digelar di Langgur, Maluku Tenggara, Selasa 25 Juli 2017.

Dalam penyambutan, hadir Wakil Bupati Maluku Tenggara Yunus Serang, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam (SDA) dan Jasa Kemenko Maritim, Agung Kuswandono, dan Kasubid Wisata Bahari Asdep Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Maruli Simanjuntak.

”Selamat datang di Indonesia, selamat menikmati alam kami, nikmati keindahan kami, dan selamat mengexplore keindahan negara kami selama 3 bulan penuh ini,” ujar Wakil Bupati Yunus di hadapan para turis dari 15 negara itu.

Event yang didukung oleh Kementerian Pariwisata ini akan menyapu bersih Indonesia dari timur hingga barat dengan memamerkan keindahan bahari setiap pulaunya. Yunus juga mengucapkan terima kasih kepada Kemenpar yang telah membantu publikasi dan berbagai acara yang ada di wilayahnya ini.

”Kemenpar telah mengangkat kami ke dunia internasional. Selain lewat media, juga lewat penyambutan ini. Semoga mereka bisa bercerita kepada wisatawan yatcher lainnya, kalau memang Langgur dan Maluku Utara ramah-ramah manusianya, indah-indah alamnya. Terima kasih kepada semua pihak yang mengangkat daerah kami,” ujar Yunus.

Dalam acara penyambutan, acara disuguhi dengan tarian-tarian dan nyanyian-nyanyian khas Maluku Tenggara. Pada malam harinya, 150 Wisman itu diajak Techincal Meeting oleh pihak Menkomaritim dan Organizer Event Wonderful Sail 2 Indonesia 2017 Raymond T Lesmana. Pihak Menkomaritim dan Raymond menjelaskan dengan detail jalur dan potensi-potensi destinasi yang ada di Indonesia.

”Malamnya mereka akan kami sambut dengan Gala Dinner di Pantai Pasir Panjang. Pantai yang indah dengan hamparan pasir putih itu akan disiapkan dengan dekorasi yang cantik, Food and Beverage, Sound System, Lighting, Multimedia, Pertunjukan Seni, Live Music, MC, Souvenir. Kita akan buat mereka terpukau Indonesia dan branding kita akan semakin diingat para Wisman Yatcher,” ujar Raymond.

Deputi Bidang Pengembangan pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti mengatakan, mengatakan, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan keragaman sumber daya kelautan yang sangat kaya serta posisi yang sangat strategis di kawasan Asia Pasifik.

Kata Esthy, penyambutan para Yachter di Langgur ini dapat dijadikan sebagai salah satu kesempatan untuk memperkenalkan lebih jauh dan menjaring peserta Rally ke Indonesia di event berikutnya. ” Terutama pasti memantik rencana perhelatan Sail Sabang yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2017 mendatang,” kata Esthy.

Esthy juga mengatakan, acara ini juga menjadi upaya Kemenpar mempromosikan wisata bahari Indonesia dengan event bahari berkelas internasional.

”Yang tidak kalah pentingnya event ini juga membangun jejaring termasuk dengan komunitas Yatcher,” kata wanita berhijab itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, komunitas wisata minat khusus bahari itu banyak dan harus dipromosikan dengan teliti dan masif. Menpar menyebut ada komunitas surfing, diving, sailing, yachting, cruising dan sebagainya. Kata Menpar, wisata yachting merupakan salah satu bentuk wisata bahari yang berpotensi meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

"Luas dan kayanya wilayah laut Indonesia menjadikan bangsa kita berpotensi besar untuk menjadi destinasi pariwisata bahari terkemuka di dunia,”kata Menpar Arief Yahya.

 

 

(*)

    Artikel Selanjutnya
    Catat Dulu Jadwal Festivalnya Sebelum Beli Tiket Pesawat ke Bali
    Artikel Selanjutnya
    Presiden Jokowi Bakal Hadiri Puncak Festival Pesona Palu Nomoni