Sukses

Makin Gampang Bayar Pajak di Samsat Desa Pertama Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Samsat atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap biasanya hanya ada satu di tingkat kota atau kabupaten. Pusat pelayanan pembayaran surat tanda nomor kendaraan (STNK) ini ternyata kini sudah dikembangkan di desa-desa sehingga lebih mudah dijangkau. Salah satunya yang ada di Samsat Desa Pakembinangun, Sleman, Yogyakarta.

Samsat Desa yang sudah beroperasi sejak April 2017 ini membuat masyarakat tidak perlu repot dalam membayar pajak STNK. Bila biasanya masyarakat harus mengantre panjang di kantor Samsat Sleman, kini beberapa daerah, seperti Kecamatan Turi, Ngaglik, Cangkringan, dan Pakem sudah bisa membayarkan pajaknya di Samsat Desa Ini.

Tampak seperti Samsat biasanya, ruangan Samsat dilengkapi oleh ruang tunggu dengan kursi yang nyaman. Samsat Desa yang pertama di Indonesia ini juga dilengkapi dengan meja pelayanan yang nyaman, sehingga para pengunjung bisa mendapatkan pelayanan dengan baik.

Tidak hanya itu, berbagai informasi mengenai tata cara pembayaran pajak STNK juga diberitahukan dengan baik. Tentunya informasi ini akan mempermudah pengunjung, untuk mempersiapkan berbagai formulir pembayaran sebelum membayar pajak di Samsat Ini.

Ternyata, Samsat Desa ini sudah ada di beberapa daerah di Provinsi Yogyakarta. Mulai dari Desa Bambang Lipuro di Bantul, Semugih di Gunung Kidul, Palihan di Kulon Progo, dan Wirogunan di Kota Yogyakarta. Ke depannya seluruh polda di setiap provinsi akan membuat Samsat Desa di seluruh Indonesia.

Artikel Selanjutnya
Razia Pajak Kendaraan, Polres Jakpus Jaring 232 Mobil dan Motor
Artikel Selanjutnya
Pajak Jadi Sumber Pembiayaan Negara Paling Aman