Sukses

10 Tips Aman Melewati Pemeriksaan di Bandara Saat Liburan

Liputan6.com, Jakarta Liburan ke luar negeri merupakan impian hampir semua orang. Bagi Anda yang baru pertama kali akan ke luar negeri, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya peraturan saat pemeriksaan keamanan di Bandara.

Jangan sampai perjalanan liburan Anda terganggu karena mengalami masalah dengan petugas Bandara karena mesin metal detector menemukan kesalahan pada Anda. Untuk itu, berikut sepuluh tips aman melewati pemeriksaan di Bandara seperti dilansir dari vidio.com, Sabtu (29/7/2017).

1. Pilih jalur antrean paling cepat

Saat mengantre pada saat pemeriksa keamanan, pilihlah jalur antrean yang paling cepat. Jangan tunggu antrean panjang karena akan menghabiskan waktu Anda.

2. Lepas ikat pinggang

Lepaskan ikat pinggang karena dapat membuat mesin metal detector berbunyi. Terlebih bagi Anda yang memiliki ikat pinggang dengan aksen logam.

Lepas perhiasan berbahan logam

3. Lepas perhiasan berbahan logam

Sama halnya dengan ikat pinggang, lepaskan juga perhiasan Anda yang memiliki material logam karena akan menimbulkan mesin pemeriksa keamanan berbunyi.

4. Lepas aksesori tubuh berbahan logam

Selain perhiasan dan ikat pinggang, aksesori lainnya yang berbahan logam dapat Anda lepaskan terlebih dahulu saat akan melewati walktrough, seperti gelang dan jam tangan.

5. Lepaskan jaket saat melewati pintu pemeriksaan

Lepaskan juga jaket saat melewati mesin pemeriksa keamanan agar pemeriksaan dapat berjalan dengan lancar.

6. Gunakan tas kecil untuk menyimpan paspor dan smartphone

Untuk mempermudah Anda saat pemeriksaan, gunakanlah tas kecil untuk menyimpan paspor dan ponsel. Hal ini untuk menghindari barang-barang penting yang tercecer.

Jangan bawa benda terlarang ke dalam kabin

7. Jangan bawa benda terlarang ke dalam kabin

Jangan membawa benda tajam dan barang terlarang lainnya ke dalam kabin pesawat karena melanggar peraturan dan benda tersebut akan disita.

8. Jika tidak membawa tas kecil manfaatkan baki atau nampan yang disediakan

Saat memasukkan barang ke dalam metal detector gunakanlah baki atau nampan yang disediakan agar barang bawaan Anda terorganisir dengan baik.

9. Masukkan tas lebih dahulu sebelum melewati walktrough

Melewati walktrough sambil membawa tas memberikan kesan pada petugas bandara bahwa ada yang sedang Anda sembunyikan di dalam tas.

 10. Jangan mengeluarkan lelucon apapun saat pemeriksaan

Lelucon apapun bisa menjadi malapetaka jika tidak pada tempatnya. Hindari lelucon saat pemeriksaan, apalagi lelucon yang berkaitan dengan bahan peledak atau senjata tajam misalnya. 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Hari Terakhir Libur, Menhub Minta Petugas Bandara Lembur
Artikel Selanjutnya
Tak Mau Tiket Pesawat Hangus Saat Libur Panjang? Ini Triknya