Sukses

7 Hal Mengejutkan yang Tidak Boleh Anda Lakukan Sebelum Tidur

Penasaran apa saja hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan sebelum tidur? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Tidur nyenyak di malam hari bisa menjadi satu tantangan tersendiri bagi banyak orang, apakah Anda merupakan salah satunya? Ternyata, untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas, ada beberapa hal yang harus dilakukan dan dihindari.

Dilansir dari purewow.com, Kamis (27/7/2017), berikut ini adalah beberapa hal tidak terduga yang harus Anda hindari sebelum tidur. Penasaran?

1. Mandi air panas
Mandi air panas mungkin merupakan ide terbaik setelah Anda melewati hari yang panjang dan melelahkan. Namun, para peneliti dari National Sleep Foundation menemukan bahwa suhu tubuh internal biasanya akan menurun beberapa derajat sebelum tidur, membantu Anda merasa tenang dan mengantuk.

Menaikkan suhu tubuh dengan mandi air panas mungkin justru akan membuat Anda terjaga sepanjang malam. Cobalah untuk menggantinya dengan mandi air dingin atau hangat.

2. Makan coklat
Sebenarnya tidak ada masalah dengan makan cokelat sebelum tidur, namun pastikan untuk melakukan beberapa jam sebelum tidur. Kafein dan gula dalam cokelat dapat menyebabkan gula darah Anda meningkat, yang menyebabkan sulit tidur sepanjang malam.

3. Bermain dengan hewan peliharaan
Ya, mungkin Anda pernah mendengar manfaat kesehatan dari membiarkan anjing peliharaan tidur di tempat tidur Anda, namun hewan peliharaan akan sulit diatur di malam hari, membuat tidur tidak nyenyak. Anda disarankan membawa hewan peliharaan berjalan-jalan di sekitar rumah terlebih dahulu setelah makan malam, sehingga di waktu tidur, ia tidak akan terlihat gusar atau mengganggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Minum alkohol

Jika Anda sangat ingin melakukannya, maka lakukan minimal dua jam sebelum tidur. Alkohol akan mengganggu siklus tidur, membuat Anda lebih mudah terbangun di tengah malam.

5. Olahraga
Olahraga malam memang baik untuk tubuh, tapi tidak jika dilakukan terlalu dekat dengan waktu tidur. Jika Anda berencana ingin bisa tidur di jam 10, biasakan untuk melakukan olahraga di jam delapan malam.

6. Minum teh
Layaknya minum kopi, teh yang diminum sebelum tidur hanya akan membuat Anda merasa gelisah. Usahakan minum teh hanya di pagi hari.

7. Mengirim pesan kepada teman
Sebisa mungkin matikan semua alat elektronik sebelum tidur. Anda mungkin telah sering mendengar bahwa cahaya biru dari alat elektronik hanya akan mengganggu sistem tidur di malam hari.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.