Sukses

Cara Mudah dan Murah Tingkatkan Suasana Hati untuk Lebih Bahagia

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, urusan mengatur suasana hati (mood) bisa jadi gampang-gampang susah. Mood yang tidak bagus bisa menyebabkan Anda malas-malasan dan memengaruhi produktivitas dalam bekerja. Tidak hanya itu, mood yang buruk ternyata bisa juga membuat Anda merasa depresi dan kurang bahagia. Menurut para ahli seperti dilansir dari laman Good House Keeping, Jumat (28/7/17), mood sangat dipengaruhi oleh serotonin, yaitu senyawa kimia dalam otak yang merupakan neotransmitter. Sehingga untuk menciptakan mood yang baik, Anda harus meningkatkan sumber pemicunya, yaitu serotonin. Berikut adalah hal-hal sederhana sekaligus murah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan mood dan membuat diri Anda lebih bahagia.

Mengemil cokelat
Banyak orang menghindari mengonsumsi cokelat karena sedang menjalani program diet untuk mendapatkan tubuh yang diidam-idamkan. Namun, ketika mood Anda sedang kacau, tidak ada salahnya jika Anda mengemil cokelat sebagai cara untuk meningkatkan mood. Bukan hanya karena rasanya yang enak dan bisa membuat ketagihan, melainkan cokelat ternyata bisa meningkatkan kadar serotonin sehingga membuat perasaan Anda lebih ringan dan lebih bahagia.

Berjemur di bawah sinar matahari
Tidak banyak yang tahu bahwa sinar matahari utamanya saat pagi hari bisa meningkatkan mood. Para ahli mengatakan bahwa rasa nyaman dan senang saat kulit tersentuh sinar matahari mampu mengurangi kecemasan dan depresi, seperti yang dilakukan oleh obat-obatan penenang.

Konsumsi yoghurt
Salah satu jenis makanan lezat ini ternyata bisa membuat mood Anda kembali naik. Bakteri baik yang dikandung yoghurt bisa membantu proses pencernaan Anda lebih baik sehingga berpengaruh pada ketenangan pikiran.

Menyepi atau bermeditasi
Saat kondisi pikiran Anda sedang kacau, cobalah untuk menyepi sejenak dan bermeditasi. Kegiatan ibadah seperti salat, sembahyang, yoga, atau berdoa juga termasuk meditasi. Kosongkan otak Anda dari hal-hal yang memberati pikiran, dan berusaha untuk menerima setiap hal yang terjadi pada diri Anda. Kegiatan tersebut ternyata bisa mengurangi kecemasan dan depresi. Selain itu, juga bisa menurunkan tekanan darah. Menurut para ahli, bermeditasi mampu meningkatkan kadar serotonin sehingga bisa membawa pengaruh positif bagi jiwa.

Berolahraga
Banyak studi yang membuktikan bahwa olahraga mampu meningkatkan kadar senyawa baik dalam tubuh termasuk serotonin. Anda bisa melakukan olahraga yang mudah dan sederhana seperti jogging atau berjalan kaki. Agar mood Anda terjaga setiap harinya, para ahli menganjurkan untuk berjalan kaki sebanyak 7.000 sampai 10.000 langkah per hari.

Berpelukan
Cara yang paling mudah untuk meningkatkan mood dan membuat Anda lebih bahagia adalah dengan berpelukan dengan orang yang Anda cintai. Seorang terapis bernama dr. Jean Maan mengatakan bahwa, “Perasaan mencintai dan dicintai dapat meningkatkan serotonin sehingga mampu memperbaiki mood.” Dr. Jean Mann juga mengatakan bahwa aktivitas berpelukan, berciuman, dan berhubungan intim dengan pasangan yang dicintai bisa membuat seseorang lebih bahagia dan lebih produktif.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
3 Langkah Sederhana Ini Bisa Buat Stres Berkurang Saat Bekerja
Artikel Selanjutnya
12 Cara Sederhana agar Bahagia di Tempat Kerja