Sukses

Ini Penyebab Sakit pada Puting Payudara

Liputan6.com, Jakarta Puting payudara merupakan salah satu bagian paling sensitif di tubuh. Maka tak heran jika pada bagian ini mungkin kadang-kadang terasa sakit.

Sakit pada puting payudara memang dapat menjadi tanda-tanda yang harus membuat Anda waspada. Sakit dapat berarti ada kesalahan dalam sistem tubuh, seperti penyakit tertentu. Namun, bisa juga penyebab sakit pada bagian ini sebenarnya adalah reaksi normal tubuh pada kondisi tertentu.

Melansir dari Metro, Rabu (26/7/2017), berikut beberapa penyebab sakitnya puting payudara.

1. Menstruasi
Puting biasanya mengeras menjelang menstruasi. Anda juga lebih merasakan keram dan puting pun menjadi sangat sensitif sehingga gesekan pun dapat membuatnya terasa sakit.

2. Kehamilan
Seperti pramenstruasi yang dapat membuat payudara dan puting sakit, begitu pula kehamilan. Hal ini berkaitan dengan hormon yang ada pada tubuh wanita hamil dan sebelum menstruasi.

3. Benjolan di payudara
Benjolan di payudara bukan berarti kanker. Namun, benjolan ini dapat menyebabkan sakit pada puting. Meski, ada pula benjolan yang tidak terasa sakit.

4. Cedera
Di sekitar payudara ada otot, sendi, dan tulang sehingga cedera di bagian ini dapat berakibat sakit pada puting payudara.

5. Menyusui
Nyeri pada puting dan saat menyusui adalah hal yang sangat erat. Teknik yang salah atau waktu menyusui yang terlalu lama dapat menyebabkan puting terluka bahkan rusak.

6. Obat-obatan
Obat tertentu dapat menyebabkan sakit pada puting payudara. Termasuk, pil kontrasepsi yang menyebabkan payudara melunak.

7. Kanker
Nyeri juga bisa menjadi tanda untuk kanker payudara. Meski hal ini perlu diobservasi lebih lanjut, terutama bila ada tanda-tanda seperti kulit berkerut di payudara atau ada ruam. 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Waspadai 5 Kondisi yang Bisa Jadi Petanda Kanker Paru
Artikel Selanjutnya
5 Sebab Kate Middleton Alami Mual dan Muntah Parah