Sukses

Mana yang Lebih Menguntungkan Saat Kerja, Banyak Waktu atau Uang?

Liputan6.com, Jakarta Kerja menjadi saat yang tepat untuk mengumpulkan pundi-pundi uang, dengan menghabiskan waktu seharian di kantor. Namun sebenarnya, yang manakah yang lebih menguntungkan dibanding waktu dan uang? Inilah hasil penelitian yang dirilis dari bbc.com, Rabu (27/7/2017).

Ternyata dalam satu eksperimen mengenai waktu dan uang, terungkap satu fakta mengejutkan. Kenyataannya, menggunakan uang untuk membeli waktu dapat memberikan kebahagiaan dan keuntungan yang lebih. Bahkan nantinya waktu ini dapat meningkatkan kualitas hidup sehingga lebih baik, dibanding membuang waktu untuk kerja.

“Dalam beberapa seri survei yang sudah kami lakukan, ternyata orang yang menghabiskan uangnya untuk membeli waktu untuk dirinya sendiri lebih bahagia. Bahkan mereka punya kepuasan hidup yang lebih tinggi,” ungkap Dr Elizabeth Dunn, Profesor Psikologi dari University of British Columbia, Canada.

Dalam sebuah eksperimen, ditemukan bahwa banyak orang-orang yang lebih bahagia bila mereka membayar 40 dolar Amerika, atau Rp 533 ribu, untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Mulai dari membersihkan rumah, mencuci, hingga menyelesaikan pekerjaan rumah, dibanding membelanjakan uang tersebut ke berbagai benda impian.

Psikolog dari AS, Kanada, Denmark dan Belanda memberikan pertanyaan, seberapa banyak mereka membeli waktu untuk dirinya sendiri. Ternyata peneliti menemukan hanya sepertiga dari 6000 orang dewasa dan 800 miliarder, yang melakukannya setiap bulan. Hasilnya, mereka menemukan kepuasan hidup yang lebih dibanding orang lainnya.

Hal ini disebabkan oleh fenomena “time famine”, di mana para pekerja merasa stres saat kerja. Gaji tinggi harus dibayarkan dengan pekerjaan yang tiada habisnya, dan mengurangi waktu berkualitas untuk diri sendiri. Sehingga mereka lebih bahagia, ketika diberikan waktu yang lebih banyak dibanding harus diberikan uang yang banyak.

“Faktanya, uang dapat membeli waktu, dan perilaku ini sangat efektif. Sehingga bisa dibilang, belanja waktu merupakan cara menggunakan uang yang baik dan benar,” ungkap Prof Dunn yang bekerja sama dengan kolega di Harvard Business School dan Maastricht University.

Penelitian sebelumnya mengungkapkan, orang yang lebih memprioritaskan waktu dibanding uang, akan lebih bahagia dibandingkan orang yang memprioritaskan uang dibanding waktu. Jadi tentunya, jawaban ini bisa menjadi acuan Anda untuk hidup lebih bahagia di dunia kerja bukan?

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini :

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Banyak Nabung Enggak Bikin Kaya, Begini Seharusnya
Artikel Selanjutnya
Kenali Tanda-Tanda Keuangan Anda Berantakan