Sukses

6 Cara Tepat untuk Mengakhiri Hubungan dengan Baik

Liputan6.com, Jakarta Di setiap pertemuan pasti selalu ada perpisahan. Kadang kala kita merasakan hampa atau bosan dengan hubungan asmara yang dijalani, sehingga sering kali berakhir dengan putus. Namun, jika Anda bingung bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan perasaan yang sebenarnya dan ingin mengungkapkan hati tanpa harus menyakiti pasangan Anda, simak tujuh cara tepat untuk mengakhiri hubungan percintaan secara baik-baik seperti yang dilansir dari Bustle.com, Rabu (26/7/2017) berikut ini.

1. Tentukan Waktu yang Tepat
Mengungkapkan kata putus kepada pasangan dapat dilakukan kapan saja. Namun, sebaiknya Anda melihat dan menentukan waktu yang tepat saat ingin mengatakannya. Jangan mengakhiri hubungan saat pasangan Anda sedang dilanda banyak masalah atau sedang menjalankan sebuah acara penting. Bisa saja keputusan Anda semakin memperburuk keadaan. Tunggulah waktu yang tepat dan katakan yang sebenarnya.

2. Katakan Langsung dan Jujur
Bila keputusan Anda sudah matang, katakanlah secara langsung kepadanya. Usahakan hindari mengakhiri hubungan asmara melalui pesan singkat atau pun telepon, ajaklah pasangan bertemu dan katakan apa yang Anda rasakan. Jangan membuat kesan yang buruk di depan pasangan. Apabila ia tidak ingin menjumpai Anda, bertindak dewasalah untuk menghargai keputusannya.

3. Gunakan alasan yang Tepat
Katakan apa yang Anda rasakan, jangan membuat alasan yang tidak masuk akal. Ungkapkan semua keluh kesah dan mengapa Anda ingin mengakhiri hubungan dengannya. Jujurlah dengan perasaan yang dirasakan, dengan begitu pasangan Anda dapat memahami posisi Anda. Bila sudah merasa tidak nyaman atau sudah bosan, katakanlah dan jangan berbohong.

4. Jelaskan dengan Kata-kata yang Baik
Di saat Anda menjelaskan alasan mengapa ingin mengakhiri hubungan, tidak jarang pasangan Anda emosi. Wajar bila ia emosi tetapi, Anda jangan sampai terpancing emosi juga. Cobalah jelaskan menggunakan kata-kata yang baik dan halus. Hindari berkata kasar, atau pun saling menyalahkan pasangan Anda.

5. Beri Waktu
Mengakhiri hubungan bukanlah hal yang menyenangkan. Wajar saja bila pasangan cenderung diam atau pun sedih, bisa saja ia terkejut dan belum siap dengan keputusan Anda. Jangan terlalu memaksakan dirinya untuk menerima keputusan, cobalah beri dirinya waktu untuk menenangkan diri dan berpikir.

6. Jalin Pertemanan
Walaupun hubungan asmara sudah berakhir, bukan berarti menjadi musuh. Tidak ada salahnya untuk menjadikan mantan kekasih sebagai teman atau pun sahabat baik Anda. Dengan begitu, Anda tetap dapat menjalin hubungan baik dengan dirinya. Bila pasangan Anda belum siap menjadi teman, sebaiknya jangan dipaksakan dan biarkan mengalir secara alami. 

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Ingin Menjadi Atasan yang Baik? Lakukan 8 Hal Ini
Artikel Selanjutnya
Secara Ilmiah, Ini Alasan Anda Masih Ingin Berteman dengan Mantan