Sukses

6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Anda Cemas atau Gelisah

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pastinya pernah mengalami masa sulit. Hal seperti inilah yang membuat Anda merasa cemas atau stres. Di saat perasaan frustrasi melanda, Anda akan sulit fokus untuk melakukan sesuatu. Konsentrasi Anda akan cenderung terganggu dengan hal-hal yang sedang Anda cemaskan.

Namun ternyata, ada hal-hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan di saat merasa cemas atau frustrasi. Hal ini justru akan semakin memperburuk kondisi Anda, seperti yang dilansir dari Bustle.com, Rabu (26/07/2017), inilah enam hal yang tidak boleh dilakukan saat sedang merasa cemas. 

1. Mengasingkan Diri
Perasaan ingin menyendiri biasanya akan datang di saat Anda merasa frustrasi. Hal ini memang wajar, tetapi ada baiknya Anda berusaha mencari teman. Mengasingkan diri bisa jadi makin memperburuk keadaan, seringkali pikiran buruk atau pun overthinking akan melanda diri Anda. Sebuah penelitian dari LCSW-C oleh Scott Dehorty, "Bersama dengan orang lain di saat gelisah, akan lebih membantu mengurangi masalah Anda. Ketimbang Anda berusaha menyendiri yang akan cenderung memperburuk keadaan."

2. Meminum Kopi
Ternyata kadar kafein dalam kopi dapat memperburuk kondisi kegelisahan Anda. "Mengonsumsi kopi dapat membuat serangan panik yang hebat dan tidak memperbaiki keadaan,'' ujar psikoterapis Steven Rosenberg, PhD. Alihkan dengan berolahraga, seperti yoga atau melakukan cardio.

3. Membuat Keputusan
Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi Anda selalu membuat keputusan yang tidak tepat saat sedang merasa gelisah. Tunggulah rasa gelisah hilang, baru menentukan tindakan tepat apa yang harus Anda lakukan. Tindakan yang dilakukan biasanya berdasarkan emosi, atau pun keraguan. Hal ini justru membuat sebuah keputusan yang diambil tidak akan memberikan solusi.

4. Berpikir Negatif
Pikiran-pikiran negatif yang muncul bisa terjadi tanpa Anda sadari. Secara tidak langsung, pikiran negatif ini mendorong Anda untuk melakukan hal yang negatif pula. Upayakan diri Anda untuk tetap tenang dan membawa aura positif.

5. Meminum Alkohol
Bagi sebagian orang, minuman beralkohol adalah teman yang tepat saat stres. Namun, minuman beralkohol justru dapat memperburuk keadaan. Kegelisahan seseorang cenderung hilang di saat ia terpengaruh alkohol. Namun, saat kadar alkohol hilang, kecemasan akan muncul kembali dan semakin parah.

6. Menuntut Diri
Rasa cemas akan hilang dengan sendirinya bila Anda tetap tenang dan tidak menuntut diri sendiri. Masalah yang datang memang harus dihadapi dan diselesaikan. Jangan menuntut diri Anda untuk mundur ataupun lari dari masalah. Bila perlu ajak teman untuk membantu Anda mencari jalan keluar.

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Tanya Dokter: Apa Penyebab Menstruasi Tidak Lancar?
Artikel Selanjutnya
Trik Cerdik Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda