Sukses

Strategi Cerdas Sisipkan Sayuran di Bekal Makanan Anak

Liputan6.com, Jakarta Sayuran sangat berperan penting untuk tubuh, termasuk untuk anak-anak. Anda pun perlu memasukkannya dalam bekal makanan anak. Selain dapat mencukupi kebutuhan vitamin yang esensial bagi tubuh, sayuran juga membantu mencukupi kebutuhan serat yang memperlancar pencernaan.

Karena pentingnya fungsi sayuran, maka sebaiknya ini tidak ditinggalkan dalam menu makanan sehari-hari, termasuk pada menu si kecil. Namun, bagaimana reaksi mereka saat sayuran disajikan di makanan? Jika mereka makan dengan lahap, tentu saja baik. Namun, saat menolak, bagaimana cara membuat mereka menyukainya?

Sebagai ibu, penting bagi Anda untuk menyiasati makanan anak. Strategi untuk membuat makanan lebih sehat ini juga bisa diaplikasikan untuk bekal makanan anak-anak. Berikut tips-nya seperti dilansir dari The Asian Parent, Rabu (26/7/2017).

1. Cari tahu apa makanan favorit anak Anda dan gantilah beberapa bahan dengan sayuran saat memasak. Makanan favorit anak bisa berupa smoothie, kue, piza, lasagna, spageti, dan bahkan es krim. Anda pun dapat berkreasi memasukkan sayuran dalam makanan-makanan tersebut. Dengan begitu, anak yang susah makan sayuran tersebut mulai suka menyantap sayuran dengan makanan favoritnya.

2. Anda dapat melakukan hal ini dengan membiarkan anak mengambil atau memilih sayuran segar di supermarket. Di rumah, Anda dapat meminta mereka untuk mencuci sayuran tersebut. Selanjutnya, Anda dapat memasak sayuran tadi. Dengan cara ini, anak Anda akan lebih tertarik pada sayuran yang telah mereka siapkan sebelumnya.

3. Topping seperti mentega dengan sebentuk wajah tersenyum dapat menambah rasa dan warna pada sayuran. Satu olesan mayones atau saus juga dapat menarik minat anak susah makan sayur tersebut, terutama jika bentuk topping tersebut adalah sesuatu yang disukainya.

4. Menyajikan sayuran dengan warna yang bermacam-macam. Potong sayuran menjadi bentuk yang berbeda. Anda dapat menambahkan mi berbentuk huruf pada sup sayuran tersebut. Atau bisa juga dengan memberi bentuk wajah gembira pada bekal makanan.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Bahaya, Tren Camilan Manis untuk Anak Terus Meningkat
Artikel Selanjutnya
Coba Bikin Easy Smoothies, Minuman Sehat yang Menyegarkan