Sukses

Hari Anak Nasional, Lihat Desain Seragam SD di 10 Negara

Liputan6.com, Jakarta  

Hari Anak Nasional 2017 diperingati pada Minggu, 23 Juli 2017. Indonesia menjadi salah satu negara yang merayakan Hari Anak dengan tujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Salah satu hak anak adalah mendapatkan pendidikan dengan bersekolah. Di Indonesia dikenal dengan Wajib Belajar 12 Tahun yang dimulai sejak SD, SMP, dan SMA.

SD merupakan masa memulai pendidikan formal bagi anak-anak. Begitu juga dengan seragam yang dipakai dalam rentang waktu paling lama, 6 tahun. 

Penasaran seperti apa seragam SD dari seluruh dunia, termasuk Indonesia? Berikut ini desain seragam SD melansir dari mashable.com 

1. Kenya


Kenya memiliki seragam SD yang cukup unik, seperti jumpsuit bermotif kotak-kotak merah dan hitam. Di dalam setelah jumpsuit, anak-anak harus mengenakan kemeja warna putih, dilengkapi dengan dasi berwarna merah tua.

1 dari 10 halaman

2. Thailand


Seragam SD di Thailand hampir sama dengan seragam SMP di Indonesia, yaitu berwarna putih dan biru tua.

2 dari 10 halaman

3. India


India memiliki seragam SD yang hampir mirip dengan anak SD negeri di Indonesia. Atasan berwarna merah muda dengan rok berwarna merah tua. Seragam ini dilengkapi dengan dasi motif garis-garis.

3 dari 10 halaman

4. Syria


Seragam SD dari Syria juga terbilang cukup unik. Berwarna biru muda, berbentuk hampir seperti dress berlengan panjang.

Anak-anak masih harus memakai celana jeans sebagai bawahan. Seragam ini juga dilengkapi dengan syal orange yang dikalungkan di leher.

4 dari 10 halaman

5. Singapura


Seragam SD di Singapura bisa dibilang cukup sederhana, dengan atasan berwarna putih dan bawahan berwarna cokelat muda.

5 dari 10 halaman

6. Indonesia


Seperti yang Anda ketahui, warna seragam SD di Indonesia disesuaikan dengan warna bendera, merah dan putih. Dilengkapi dengan dasi berwarna merah, pada kemeja putih seragam SD di Indonesia terdapat lambang Bhinneka Tunggal Ika. Seragam ini biasanya digunakan setiap hari Senin untuk upacara memperingati hari tertentu, seperti Hari Anak Nasional.

6 dari 10 halaman

7. Vietnam


Seragam SD di negara yang satu ini hampir sama dengan warna seragam SMA di Indonesia, berwarna putih dan biru keabuan. Perbedaannya terletak pada kerah seragam siswa perempuan yang berwarna biru.

 

7 dari 10 halaman

8. Honduras


Seragam SD di Honduras juga bisa dikatakan sangat sederhana, atasan berwarna putih polos dengan bawahan berwarna biru tua. Jika dilihat sepintas, seragam ini hampir sama dengan seragam SMP di Indonesia.

 

8 dari 10 halaman

9. Sri Lanka


Seragam SD di Sri Lanka cukup polos, atasan dan bawahan berwarna putih, dengan dasi merah bermotif garis-garis.

9 dari 10 halaman

10. Hong Kong


Seragam SD di Hong Kong bisa dianggap berbeda dari seragam di negara lainnya. Kemeja berwarna putih, ditambah dengan sweater berwarna biru tua, dan bawahan berwarna biru mudah keabuan. Jadi, apa yang telah Anda lakukan di Hari Anak Nasional 2017 ini?

Artikel Selanjutnya
Hampir 5 Ribu Ruang Kelas Sekolah di NTT Rusak Berat
Artikel Selanjutnya
Anak-Anak Desa Sapalek Semangat Belajar di Kantor Pelayanan Desa