Sukses

Flores Pecahkan Rekor Minum Kopi dengan 1,8 Juta Gelas Sekaligus

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana bila hampir seluruh penduduk Flores dari ujung barat Labuan Bajo, hingga ujung timur Larantuka minum kopi Flores bersama? Inilah rekor terbaru dari Flores yang dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) pada Rabu (19/7/2017).

Rekor ini dipecahkan dalam gerakan Sejuta Kopi Flores, yang digelar bersamaan dengan berakhirnya lomba balap sepeda Tour de Flores 2017. MURI sendiri mengonfirmasi, hampir semua penduduk Flores meminum kopi secara serentak pada pukul 14.00 WIT hingga pukul 16.00 WIT.

“Jumlah ini melebihi usulan yang diusulkan ke MURI, yaitu satu juta. Grand total ada 1.890.000, termasuk Labuan Bajo hari ini,” ujar Osmar Semesta Susilo, Wakil Direktur MURI.

Pencapaian di tanah Flores ini melebihi rekor Indonesia sebelumnya, yaitu 50 ribu cangkir. Terakhir kali, pemecahan rekor terjadi di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, pada 13 Januari 2013. Tentu saja pencapaian rekor kali ini dipersiapkan hingga matang sehingga bisa terkumpul data seakurat mungkin.

Chairman Tour de Flores, Primus Dorimulu, mengatakan bahwa panitia gerakan ini telah menyiapkan jaringan relawan yang melaporkan bagaimana orang minum kopi di setiap desa. Bahkan, data yang dikirim mencantumkan tanda tangan sang peminum kopi, serta foto-foto saat mereka minum kopi.

“Kami punya panitia lengkap di kabupaten, kecamatan, dan desa. Semua yang bekerja para relawan. Mereka kerja layaknya seperti pemilu, melaporkan bagaimana orang minum kopi di setiap desa, lalu lapor ke kecamatan, kecamatan ke kabupaten, baru disampaikan ke Labuan Bajo lewat smartphone,” ungkap Primus.

Tidak hanya minum kopi secara bersama-sama, mereka juga menemukan banyak orang minum kopi di pondok, rumah, pasar, restoran di laut, dengan satu kopi yang sama, kopi Flores. Bahkan, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya, mengatakan bahwa rekor ini menunjukkan kesungguhan masyarakat yang mempromosikan kopi Flores ke seluruh dunia.

“Saya ajak kita bangga dengan kopi Flores. Jangan merasa kopi di luar lebih enak dari kopi Flores. Ternyata orang di sana puja-puja kopi Flores. Kita mesti bangkit dan bangga dengan potensi yang dimiliki daerah ini,” kata Frans.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini :

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video