Sukses

Wonderful Indonesia Bawa Hangatnya Pantai Tropis ke London

Liputan6.com, Jakarta Wonderful Indonesia kembali menggoda publik Inggris dengan promosi keindahan pantai dalam suasana atmosfer tropis. Yaitu dengan Indonesia Weekend yang digelar di Potter's Field Park, London Inggris pada 22-23 Juli mendatang.

Potters Field adalah sebuah taman seluas 6.200 meter persegi yang berlokasi tak jauh dari ikon wisata Inggris, Tower Bridge dan Tower of London. Lokasi tempat ajang ini digelar juga berada di tepi Sungai Thames dan berdekatan dengan kantor wali kota Inggris.

Ditegaskan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, bahwa hal ini menjadi salah satu strategi promosi pariwisata Indonesia di luar negeri. "Potter's Filed Park ini lokasi yang sangat strategis untuk promosi Wonderful Indonesia, diharapkan acara ini bisa menarik perhatian warga London, sebab di akhir pekan kawasan Potter Fields dilintasi sedikitnya 70.000 orang," kata Menpar Arief Yahya, Selasa (18/7).

Jadi selain gencar promosi via "serangan udara" dengan digital campaigne dan media mainstream, Kemenpar juga menghadirkan sensasi di lapangan.

Menpar Arief Yahya menilai pariwisata Indonesia harus berpromosi di Potter's Field dengan materi promosi yang menarik dan tampilan maksimal. Terlebih dalam penyelenggaraan Indonesia Weekendini sudah yang kedua kalinya ini, diharapkan dapat menjaring banyak peminat.

"Kita ulangi sukses IndonesianWeekend pada tahun lalu yang mampu menarik pengunjung sebanyak lebih dari 30.000 orang dimana 72,4 persen-nya adalah masyarakat Inggris, 24,7 persen non Inggris, dan 2,9 persen Indonesia.

Semaraknya Indonesian Weekend 2016 terlihat dari jumlah stand participants sebanyak 53 stand, lebih dari 6.000 tusuk sate terjual, dan 500 menit performance di panggung utama," kata Menteri asal Banyuwangi itu.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana yang didampingi Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya menyampaikan, Kemenpar berencana akan membuka lahan pameran seluas 180 meter persegi dengan mengangkat tema "Indonesia sebagai Warm Destination".

Pilihan tema, atraksi, dan pertunjukan yang ditampilkan pada Indonesian Weekend kali ini merupakan bagian dari upaya Kemenpar untuk terus mendorong wisatawan untuk mengenal dan meningkatkan minat masyarakat Inggris untuk berwisata ke Indonesiayang beyond Bali.

Indonesia memiliki 17.504 pulau dengan 223 juta penduduk dari 491 etnis dan suku berbeda, serta memiliki 726 bahasa yang berbeda pula. Identitas Indonesia adalah keberagaman destinasi, alam yang indah, pantai yang asri, dan kebudayaan yang berbeda satu sama lain namun menjadi satu dalam sebuah keharmonisan yang semuanya disajikan dalam atmosfer yang nyaman di tengah-tengah keramahan terbaik khas Indonesia.

"Tema ini dimunculkan dengan setting pesta pantai lengkap dengan 50 ton pantai berpasir putih, dekorasi bertema pantai seperti tiki hut yang menyajikan minuman tropis khas Indonesia, banana boat, dan simulator surfing," kata Pitana.

Selain keindahan alam berupa pantai, akan ditampilkan pula ragam kekayaan kuliner, musik, fashion, dan kesenian lainnya. Dari sisi daya tarik kuliner, Chef Degan Septoadji mantan juri Master Chef Indonesiaakan memberikan food demonstration dengan menu Rendang, Soto Betawi, dan Gado-gado.

"Ada juga pertunjukan musik yang akan dimeriahkan dengan lagu lagu Indonesia dengan sentuhan modern yang dibawakan oleh DJ Allfy Rev, Jei Angklung, serta tarian Topeng dan Jaipong," ujar Nia Niscaya.

Sedangkan untuk kegiatan fashion, Nia Niscaya menambahkan, akan ada koleksi busana dari Elzatta dan Dauqy by Elhijab dan Indonesian Fashion Chambers yang akan membuka pop up boutique dan peragaan busana. "Selain itu ada juga pertunjukan pencak silat yang dipadukan dengan hip hop, henna artist, dan seniman mural," tambah Nia.

Berbagai aktivitas menarik itu diharapkannya mampu menarik perhatian pengunjung di Potter's Field Park ini sehingga brand pariwisata Indonesia semakin dikenal khususnya di London Inggris.

Ia mengatakan, selama ini Inggris merupakan salah satu negara fokus pasar wisata utama yang potensinya masih sangat besar untuk dioptimalkan. Menurut data Kemenpar, jumlah wisatawan asal Uni Eropa yang berkunjung ke Indonesia sepanjang tahun lalu mencapai sekitar 1 juta orang.

"Dari 1 juta orang itu, Inggris tercatat sebagai penyumbang wisatawan terbesar yaitu mencapai 230.000 orang dan untuk tahun 2017 ini, pasar Inggris ditargetkan akan mampu mendatangkan 384.000 wisman. Sampai dengan bulan Mei 2017, angka kunjungan tercatat sebanyak 135.566 wisman atau 35,3% dari target," katanya.

Oleh karena itu, Kemenpar menganggap penting untuk lebih gencar menggarap pasar Inggris melalui berbagai promosi wisata di kota-kota potensial negara itu khususnya di London sebagai jantung utama Inggris.

Branding Wonderful Indonesia juga meningkat dengan terpasangnya poster di 27 main London Tube Stations, hashtag #IndonesianWeekend di media sosial, dan liputan di 200 media lokal Inggris dan nasional. Upaya ini untuk semakin mendorong minat kunjungan dan mempermudah calon wisatawan untuk mendapatkan informasi mengenai paket-paket wisata ke Indonesia.

"Dalam pameran ini, Kemenpar juga akan menggandeng 3 tour operator lokal yang menjual paket wisata ke Indonesia yaitu Kuoni Travel, Ethos Travel, dan Dive Worldwide. Selain itu di paviliun Indonesia akan menampilkan karnaval dari Malang Flower Carnival dan VR experience," ujarnya.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini