Sukses

Bisa Bikin Bad Mood, Setop Konsumsi 7 Makanan Ini

Liputan6.com, Jakarta Ada alasan mengapa pepatah yang mengatakan bahwa Anda adalah apa yang Anda makan ini sangat populer. Usus memproduksi 90 persen serotonin, kimia yang bertanggung jawab membuat suasana hati Anda membaik.

Lantas, apakah makanan juga dapat berperan membuat Anda menjadi bad mood? Jika iya, bagaimana caranya?

Dilansir dari purewow.com, Senin (24/7/2017), beberapa makanan di bawah ini ternyata memiliki andil besar untuk membuat suasana hati Anda memburuk atau bad mood. Penasaran?

1. Minuman diet
Aspartam, pemanis buatan yang terdapat dalam minuman diet mengandung asam amino yang disebut fenilalanin. Dalam beberapa penelitian ilmiah yang pernah dilakukan, fenilalanin terbukti dapat menghambat produksi serotonin Anda.

2. Sereal dan snack
Disadari atau tidak, banyak label makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula terlalu tinggi, memberikan dorongan energi sementara. Kadar gula darah terlalu tinggi, hormon stres akan dilepaskan, dan menyebabkan perubahan suasana hati menjadi bad mood.

3. Permen kemasan
Ya, permen kemasan cenderung dibuat dari pewarna buatan, yang jika terus menerus dikonsumsi akan membuat Anda kehilangan fokus dan hiperaktif.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

4. Makanan cepat saji

Ilustrasi Foto Roti Burger (iStockphoto)

Makanan cepat saji biasanya dibuat dengan menggunakan minyak terhidrogenasi parsial, membuat masa simpan makanan cepat saji jauh lebih lama. Faktanya, menurut penelitian dari University of Pittsburgh Medical Center, rendahnya tingkat asam lemak berhubungan dengan rasa pesimisme, depresi, dan agresi.

5. Margarin
Margarin mengandung lemak trans yang dapat mengubah suasana hati menjadi buruk. Sebaiknya mulai sekarang Anda segera beralih menggunakan mentega murni.

6. Makanan ringan yang rasanya asin
Ketika membeli snack di supermarket atau toko tertentu, pastikan Anda telah memeriksa daftar bahan yang digunakan. Terlalu banyak kandungan MSG atau penambah rasa akan membuat Anda sakit kepala, merasa lemak, lelah, dan suasana hati memburuk.

7. Makanan kalengan
Seperti kacang atau sup kalengan juga mengandung MSG dan natrium berlebih, sehingga cobalah mengurangi jenis makanan yang satu ini. Apakah sekarang Anda masih sering merasa bad mood?

 

Artikel Selanjutnya
6 Makanan Kecil yang Bantu Bikin Tubuh Langsing
Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya