Sukses

Wanita, Ini 8 Hal yang Tidak Diketahui Tentang Tubuh Anda Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Menghuni tubuh wanita mungkin memiliki beberapa tantangan lebih, seperti perawatan ekstra agar berat badan atau kulit tetap terjaga. Namun, terlepas dari semua fakta yang ada, mungkin ada beberapa hal yang tidak Anda ketahui tentang tubuh diri sendiri.

Dilansir dari thelist.com, Senin (24/7/2017), berikut ini adalah beberapa hal tentang tubuh wanita yang tidak Anda ketahui. Penasaran?

1. Matahari bukan teman Anda
Kebanyakan wanita berpikir bahwa musim panas adalah saat yang paling tepat untuk berjemur memamerkan tubuh mereka. Faktanya, 80% keriput wanita disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan.

Ketika kulit tersengat sinar matahari, bukan hanya sel kulit yang rusak atau sekarat, namun DNA sel tersebut yang rusak dan membunuh diri sendiri agar tidak berubah menjadi kanker. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah penggunaan tabir surya secara rutin dan membatasi paparan sinar matahari langsung.

2. Kulit mudah dehidrasi
Banyak wanita sangat mendambakan mandi air panas karena dapat meredam sakit otot dan mengembalikan ketenangan emosional. Faktanya, air panas justru dapat melembutkan minyak di kulit, sehingga mereka mudah hanyut dan membuat kulit mengering.

Kebanyakan orang dengan kulit berminyak tidak tahu bahwa kulit mereka benar-benar dehidrasi, sehingga cara terbaik mengatasinya adalah dengan membatasi penggunaan air panas. Atau jika benar-benar parah, coba datangi dokter kulit.

3. Tubuh butuh nutrisi yang spesifik
Tidak ada dua orang yang memiliki kebutuhan nutrisi identik. Datangi dokter Anda untuk benar-benar mengetahui nutrisi dan suplemen apa yang dibutuhkan.

4. Wanita adalah makhluk yang mudah cemas
Menurut penelitian, wanita dua kali lebih mudah cemas daripada kaum pria. Mengapa?

Wanita memproduksi progesteron, kortisol, dan estradiol dalam tingkat yang tinggi. Inilah mengapa wanita juga lebih intuitif terhadap ancaman dan bahaya.

5. Klitoris
Banyak wanita tidak tahu bahwa klitoris tidak berukuran kecil, ia memiliki bagian eksternal dengan organ besar yang mencapai wilayah panggul Anda. Selain itu, orgasme tidak berasal dari vagina, melainkan klitoris Anda.

6. Menstruasi
Penting untuk mengetahui kapan siklus menstruasi Anda secara rutin dan ternyata, menstruasi tidak selalu tentang pembersihan. Menstruasi adalah tanda bahwa seorang wanita telah siap mengalami kehamilan potensial.

7. Vagina bukan bagian tubuh yang kotor
Sejak dulu wanita dibuat percaya bahwa vagina merupakan salah satu bagian tubuh yang kotor. Inilah mengapa banyak wanita di luar sana sering menggunakan produk kesehatan feminin yang dijual.

Sebuah studi menunjukkan bahwa terlalu sering menggunakan produk-produk tersebut justru dapat meningkatkan risiko terkena kanker ovarium. Satu risiko yang tidak layak diambil, bukan?

8. Wanita lebih kuat dari yang mereka pikirkan
Kaum wanita sering di-stereotipkan dengan makhluk yang rapuh dan halus, namun berdasarkan penelitian, wanita secara fisik, jauh lebih kuat dari yang pernah mereka pikirkan. Olahraga secara rutin untuk mempertahankan kekuatan otot, sendi, menghilangkan stres, dan meningkatkan suasana hati bagi seorang wanita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.