Sukses

5 Cara Kelola Uang agar Selamat Sampai Akhir Bulan

Tidak sedikit orang yang bisa bertahan hingga akhir bulan dengan penghasilan yang didapatkan pada awal bulan. Berikut tips-nya.

Liputan6.com, Jakarta Tidak sedikit orang yang bisa bertahan memiliki uang hingga akhir bulan dengan penghasilan yang didapatkan pada awal bulan. Padahal, pendapatan hanya ada sekali sebulan dan Anda juga perlu memikirkan masa depan, bukan?

Mengelola keuangan pun menjadi jawabannya. Dari penghasilan total, Anda perlu membaginya ke dalam beberapa hal, dari mulai yang prioritas hingga menyisihkannya untuk ditabung atau diinvestasikan.

Melansir dari video Bareksa, Rabu (20/7/2017), berikut lima cara mengelola keuangan sehingga Anda tidak perlu takut kehabisan uang pada akhir bulan.

1. Prioritaskan pengeluaran
Misalnya Anda memiliki cicilan KPR atau kendaraan, inilah yang harus menjadi prioritas utama. Sisihkan uang di awal untuk membayar cicilan ini. 

2. Biasakan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran
Seperti setelah melakukan belanja online, langsung catat uang yang dikeluarkan. Memang repot di awal, tetapi percayalah cara ini cukup efektif untuk mengerem pengeluaran berlebihan.

3. Jangan sering gunakan kartu kredit
Sebab, Anda tidak akan terasa saat berbelanja dengan kartu kredit. Padahal Anda harus membayar pada bulan berikutnya. Sehingga hanya gunakan kartu kredit saat sedang ada promo.

4. Siasati gaya hidup
Anda perlu mencari tempat nongkrong atau pusat pembelanjaan yang ada promonya. Ini supaya lebih menghemat pengeluaran yang menunjang gaya hidup.

5. Disiplin menabung
Biasakan 30-50 persen dari gaji untuk ditabung atau diinvestasikan. Anda dapat mencoba deposito, tetapi uang yang harus diinvestasikan minimal Rp 10 juta. Namun, ada cara lain menyisihkan uang Anda meski tidak sampai Rp 10 juta, yakni membeli reksa dana pasar uang. Hanya dengan Rp 100 ribu, Anda dapat membelinya dengan bunga 6-7 persen di atas deposito.

Yang lebih menguntungkan, reksa dana bukan objek pajak tidak dipotong pajak lagi. Salah satu tempat Anda dapat membeli reksa dana adalah di bareksa.com dengan bunga 7,1 persen per tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.