Sukses

Asyiknya Jalan-Jalan di Sakaimachidori Street, Otaru

Liputan6.com, Jakarta Selain Kanal Otaru, kota pelabuhan di Pulau Hokkaido, Jepang ini juga punya jalanan yang khusus menyajikan berbagai toko makanan, minuman, suvenir bagi pelancong. Sakaimachidori Shopping Street namanya.

Mirip Orchard Road di Singapura, sepanjang jalan Anda bisa belanja apa saja. Mulai dari permen, cokelat, bir, sushi, kue, dan macam-macam suvenir, juga pakaian. Tak hanya itu, jajanan kering serta buah juga bisa Anda dapatkan di sini.

Cukup 8 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Minami Otaru. Sepanjang jalan berdiri kokoh bangunan-bangunan tua dengan dinding batu serta batu-bata merah setebal 20-an sentimeter.

Seperti Hakodate di wilayah selatan Jepang, Otaru dengan Sakaimachidori streetnya, menyajikan suguhan bangunan lawas di sepanjang jalan. Dulunya merupakan bangunan yang berfungsi sebagai kantor perdagangan. Juga dipakai untuk menjamu para pedagang dan saudagar dari Amerika dan Eropa di abad ke-19.

Yang khas di tempat ini adalah kerajinan kaca dan gelas yang dibuat dalam berbagai macam bentuk. Kitaichi Glass Otaru merupakan yang terbaik di Otaru. Toko ini menyajikan aneka kerajinan kaca dengan beragam kreasi. Cangkir kaca mungil bisa dibeli mulai dari 1.200 Yen atau sekitar Rp 150 ribu, sedang ornamental kaca mulai 800 Yen atau sekitar Rp 95 ribu.

Ada juga workshop atau pabrik tempat pembuatan gelas dan hiasan kaca. Posisinya tidak jauh dari Kitaichi. Sayang, pengunjung tidak diizinkan untuk mengambil gambar di tempat ini.



Museum Kotak Musik atau yang dikenal dengan Otaru Music Box Museum juga menandai kekhasan Otaru sebagai tujuan wisata. Di tempat ini tersaji ribuan suvenir kotak musik juga pajangan-pajangan yang menceritakan sejarah dan varian music box. Bahkan Anda bisa belajar menghias kotak musik sendiri di salah satu workshopnya, yang dikenal sebagai Music Box & Handicraft Studio You-kobo. Tak hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun juga bisa ikut. Lokasinya persis di seberang museum.

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.