Sukses

Khansa Syahlaa Sedih dan Kesal Lihat Banyak Sampah di Gunung

Khansa Syahlaa, bocah perempuan yang baru berusia 10 tahun telah merampungkan penjelajahannya ke tujuh gunung tertinggi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Khansa Syahlaa, bocah perempuan yang baru berusia 10 tahun telah merampungkan penjelajahannya ke tujuh gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Kerja keras tersebut berhasil memecahkan rekor dan menjadikan dirinya sebagai pendaki cilik perempuan pertama yang mendapat gelar “7 Summiters of Indonesia.

Tentu banyak pengalaman dan pelajaran berharga yang didapat Khansa selama proses mendaki tujuh gunung tertinggi di Indonesia. Saat ditemui Liputan6.com di Jakarta, Selasa (18/7/2017) Khansa Syahlaa menceritakan, hobi mendaki gunung membuat dirinya lebih berani dan percaya diri dalam melakukan apa pun, baik di lingkungan masyarakat maupun di sekolah. Tak hanya itu, keindahan alam Indonesia juga membuat dirinya takjub dan bangga.

Namun demikian, Khansa menyayangkan masih banyaknya sampah yang ditemukan di gunung. “Sedih, kesel, rasanya pengen pungutin itu (sampah), tapi udah terlanjur banyak, aku pungutin yang kecil-kecil aja paling,” ungkap Khansa.

Saat ditanya mengenai safety prosedur bagi seorang pendaki gunung, Khansa mengatakan, “Ya harus pokoknya dari ujung sampe ujung harus safety, kalau enggak, kita kan gak tahu di alam seperti apa. Ya sepatunya harus waterproof, jaketnya juga yang tahan dingin, bukan yang asal-asalan. Gak boleh banget pake sandal, harus pake sepatu," kata Khansa sambil tertawa.

Setelah merampungkan pendakiannya di tujuh gunung tertinggi di Indonesia, bocah perempuan kelas 5 SD ini bercita-cita ingin mendaki semua gunung yang ada di Pulau Jawa.

“Aku juga mau ke Kilimanjaro kalau di luar negeri. Bagus tempatnya. Kan di Afrika panas tapi kok di sana ada salju gitu. Aku tahu Kilimanjaro dari cerita ayah, nonton film, aku juga banyak buku yang seven summit-seven summit gitu,” ungkap Khansa menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.