Sukses

3 Metode Menabung agar Selalu Punya Uang

Liputan6.com, Jakarta Menabung bukan soal banyak sedikitnya pendapatan. Pendapatan sedikit pun mampu untuk menabung, atau sebaliknya pendapatan banyak juga tidak dapat menabung.

Jika sulit menabung, barangkali Anda belum menemukan metode yang tepat untuk melakukannya. Yuk, ketahui empat metode ini dan pilih yang paling cocok untuk Anda.

Melansir dari laman Brightside, Jumat (21/7/2017), setidaknya ada tiga metode menabung bagi Anda yang memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Tiga metode tersebut adalah sebagai berikut.

1. Metode 50/30/20
Metode ini cocok untuk bagi mereka dengan pendapatan yang stabil, tetapi tidak mengatur uangnya dengan baik. Maka, begitu mendapatkan gaji, Anda perlu membaginya menjadi tiga.

Sebanyak 50 persen dari gaji diperuntukan untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk membayar tagihan. Selanjutnya, 30 persennya digunakan untuk sesuatu yang kurang penting tetapi juga penting seperti TV, internet, dan pakaian. Sementara itu 20 persen gaji dapat ditabung untuk kebutuhan mendadak ataupun apapun yang terjadi di masa depan.

2. Metode sederhana
Ini cocok bagi mereka yang tidak mau terlalu ketat membatasi pengeluaran mereka. Sederhana karena Anda hanya perlu membagi gaji menjadi dua bagian.

Setengah gaji digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk membayar tagihan. Setengah lainnya adalah untuk kebutuhan hiburan yang Anda bisa hidup tanpanya.

3. Metode mingguan
Cocok untuk mereka yang selalu kehabisan uang beberapa hari menjelang gajian dan yang ingin menabung. Caranya yakni menentukan budget mingguan Anda dan sisanya bisa ditabung di awal. Anda tidak boleh menghabiskan uang di luar budget.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.