Sukses

Tips Presentasi Anti Gagal Setelah Liburan Panjang

Liputan6.com, Jakarta Liburan telah usai, saatnya beraktifitas kembali. Bagi Anda yang bekerja mungkin perlu mempersiapkan dokumen-dokumen atau menyiapkan bahan untuk presentasi mengenai suatu proyek atau tugas baru.

Namun, bicara presentasi sebagian orang berbicara di depan umum bisa menjadi momok tersendiri. Padahal, presentasi bisa menjadi modal penting dalam setiap kesempatan. Selain itu, hal itu bisa menjadi salah satu skill yang perlu dikuasai. Tak hanya dalam dunia kerja, dalam lingkungan pun diperlukan.

Nah, untuk presentasi yang bisa memukau perlu adanya persiapan. Berikut tips bagi Anda yang ingin belajar berani tampil berbicara di depan umum sebelum presentasi.

Tujuan presentasi

Sebelum presentasi, Anda harus mengetahui tujuannya dahulu. Mulai dari presentasi yang bertujuan memberikan informasi tentang sesuatu hal, presentasi membujuk orang, atau hanya untuk menghibur.

Setelah mengetahui tujuan presentasi, Anda harus mengetahui mengenai penonton. Audience tersebut mewakili golongan atau komunitas tertentu atau sikap para penonton tersebut. hal itu perlu diperhatikan agar Anda bisa berinteraksi dengan para penonton.
Setelah itu, Anda harus mengetahui berapa menit Anda harus berbicara dan setting mengenai tempat presentasi.

Hargai waktu

Sebelum presentasi ada baiknya Anda mempersiapkannya terlebih dahulu. Berlatih, rencanakan, dan persiapkan sebelum presentasi.

Mengatur waktu presentasi sesuai dengan waktu yang disediakan. Bagi waktu dengan baik untuk menyiapkan alat-alat pendukung, waktu untuk memperkenalkan diri, waktu untuk inti presentasi, dan waktu untuk sesi tanya-jawab.

Relevan

Pikirkan poin-poin paling penting yang wajib Anda persiapkan agar menghemat waktu. Masukkan poin-poin tersebut ke dalam slide presentasi, dan imbangi dengan visual seperti gambar atau video. Perlu diingat, sampaikan hanya satu ide untuk satu slide presentasi agar audience fokus pada poin yang ingin Anda tekankan.

Buat catatan

Buatlah teks yang mudah dibaca. Pakai pena yang berujung tebal, atau print catatan Anda dan tebalkan apa yang perlu untuk disampaikan. Gunakan hanya dua pertiga halaman agar tak perlu meng-klik sampai bawah.

Terakhir, jangan gunakan pakaian atau perhiasan berlebihan yang membuat orang lebih fokus melihat penampilan Anda ketimbang materi presentasi Anda.

Tak hanya pakaian, sebelum presentasi tetap pakai kepala dingin untuk menghadapi segala bentuk presentasi dan menghadapi secara tenang orang-orang sekeliling.

Bicara soal kepala dingin, Anda bisa siasati dengan #PakaiKepalaDingin ala Clear Ice Cool Menthol, shampo pilihan no.1 Indonesia dengan 3x manfaat kesegaran, rambut bebas ketombe, tak terasa gatal dan berminyak. Rambut tetap terasa dingin dan segar sepanjang hari menemani segala aktivitas.


(Adv)

Artikel Selanjutnya
Aksesori Ini Harus Dibawa untuk Tampil Maksimal di Libur Panjang
Artikel Selanjutnya
Mau Tetap Prima Saat Libur Panjang, Terapkan 5 Tips Ini