Sukses

Sering Alami Mata Kedutan, Apa Artinya?

Apakah Anda sering alami mata yang kedutan? Sebenarnya ada arti dibalik mata yang kedutan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Kerap kali mata kita tiba-tiba berkedut, atau gemetaran tanpa alasan. Tidak jarang kita langsung berpikir atau berprasangka bahwa ada sesuatu yang akan terjadi. Padahal faktanya itu hanyalah sebuah mitos yang kebanyakan orang pikirkan tentang kedutan pada kelopak mata. Namun, apakah arti sesungguhnya dari mata kedutan? Seperti yang dilansir dari Allaboutvison.com, Kamis (20/7/2017) berikut ini.

1. Stres
Di saat banyak pikiran maupun stres yang berlebihan, tubuh kita cenderung akan memberikan tanda untuk beristirahat. Reaksi dari tubuh juga berbeda-beda, bila mata kejang atau berkedut, ini juga sebagai salah satu reaksi dari tubuh. Biasanya, kedutan ini menandakan mata Anda lelah.

2. Kelelahan
Kurang tidur juga menyebabkan mata Anda tiba-tiba berkedut. Usahakan tubuh tetap fit dan tidak terlalu lelah, jangan memaksakan tubuh untuk bekerja terlalu keras. Beri tubuh Anda waktu untuk beristirahat.

3. Masalah Penglihatan
Bila mata Anda sering berkedut, jangan anggap sepele hal tersebut. Tidak ada salahnya mengeceknya ke dokter, bisa jadi kedutan ini adalah masalah pada penglihatan Anda.

4. Kopi dan Alkohol
Terdengar aneh memang, tetapi terlalu banyak mengonsumsi kopi dan alkohol juga faktor utama kedutan. Cobalah kurangi konsumsi kadar kafein dan perhatikan apakah kedutan masih sering terjadi atau tidak. Ganti kopi dengan cokelat atau teh. Hindari konsumsi rutin alkohol, bukan hanya bermasalah pada kedutan, tapi juga akan berdampak buruk bagi tubuh Anda.

5. Mata Kering
Kebanyakan mata berkedut ini terjadi pada orang dewasa, terutama setelah umur 50 tahun. Faktor yang menyebabkan mata kedutan ini juga dikarenakan mata yang lelah dan kering. Mata kering biasanya terjadi pada orang yang menggunakan lensa kontak, sebaiknya gunakan tetes obat mata yang khusus untuk mencegah mata kering.

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.