Sukses

Khansa, Bocah Perempuan Penakluk 7 Gunung Tertinggi di Indonesia

Berusia 10 tahun, Khansa Syahlaa, bocah cilik yang baru duduk di bangku kelas 5 SD telah berhasil mencapai puncak tertinggi Cartens Pyramid.

Liputan6.com, Jakarta Berusia 10 tahun, Khansa Syahlaa, bocah cilik perempuan yang baru duduk di bangku kelas 5 SD telah berhasil mencapai puncak tertinggi Cartens Pyramid.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin (17/7/2017), pada 15 Juli 2017 pukul 16.00, Khansa dikabarkan telah berhasil mencapai puncak gunung Cartenz Pyramid di Papua yang memiliki tinggi mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Pendakian ini dilakukan untuk melengkapi penjelajahannya mencapai tujuh puncak gunung tertinggi di Indonesia, sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai pendaki cilik perempuan yang menjadi “7 Summiter of Indonesia”.

 Berusia 10 tahun, Khansa Syahlaa, bocah cilik yang baru duduk di bangku kelas 5 SD telah berhasil mencapai puncak tertinggi Cartens Pyramid.

Khansa dalam jumpa pers di hadapan wartawan di Jakarta juga mengungkapkan rasa bahagianya berhasil menaklukkan tujuh gunung tersebut.

"Seneng banget pastinya bisa capai Gunung Cartenzs, kembali ke Jakarta lagi," ungkap Khansa. 

Dikenal sebagai kawasan pertemuan tiga lempeng teknotik, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik, membuat Indonesia memiliki banyak gunung api, dan tujuh di antaranya masuk dalam kategori “The Seven Summits of Indonesia".

Berikut tujuh gunung tertinggi di Indonesia yang telah berhasil ditaklukan Khansa Syahlaa.

Gunung Semeru, Puncak Tertinggi di Pulau Jawa

Gunung Semeru atau Puncak Mahameru berhasil dijamahi Khansa Syahlaa pada 26 April 2015. Gunung yang berada di Propinsi Jawa Timur, tepatnya masuk di antara dua kabupaten Malang dan Lumajang ini memiliki ketinggian mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut.

Puncak Rantemario, Gunung Latimojong

Latimojong merupakan gunung teertinggi yang ada di Pulau Sulawesi. Puncaknya yang berada pada ketinggian mencapai 3.478 meter di atas permukaan laut berhasil ditaklukan Kansha pada 26 April 2015. Gunung Latimojong sendiri bukan gunung berapi yang terletak di kawasan Enrekang, Sulawesi Selatan.

Gunung Kerinci

Siapa yang tidak tahu “keangkeran” gunung tertinggi yang ada di Pulau Sumatera ini? Gunung Kerinci yang puncaknya berada pada ketinggian 3.800 meter di atas permukaan laut ini berhasil dijamahi Khansa pada 26 Maret 2016. Gunung berapi ini berada di perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi.

Gunung Binaiya

Khansa berhasil ada di puncak Binaiya, gunung tertinggi di Kepulauan Maluku ini pada 13 Juli 2016. Puncak Gunung Binaiya berada pada ketinggian 3.027 meter di atas permukaan laut. Gunung Binaiya berlokasi di Pulau Seram, yang secara administrasi masuk dalam kawasan Kabupaten Maluku Tengah.

Gunung Rinjani

Semua orang pasti tahu keindahan gunung yang satu ini. Rinjani yang merupakan gunung tertinggi di Kepulauan Nusa Tenggara dan Bali memiliki ketinggian mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut. Puncak gunung yang ada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini berhasil ditaklukan Khansa pada 25 Juli 2016.

Gunung Bukit Raya

Tercatat, puncak gunung tertinggi di Kalimantan sebenarnya adalah Gunung Kinabalu, namun gunung tersebut masuk dalam kawasan negara Malaysia. Puncak tertinggi dalam “The Seven Summits of Indonesia” dari Kalimantan ada di Gunung Bukit Raya. Gunung dengan ketinggian mencapai 2.278 meter di atas permukaan laut ini berhasil dijamahi Khansa pada 11 November 2016.

Gunung Cartenzs Pyramid

Belum lama ini, yaitu pada Sabtu 15 Juli 2017, Khansa berhasil menaklukan Gunung Cartenzs yang merupakan puncak gunung tertinggi di Papua. Gunung yang merupakan bagian dari Pegunungan Maoke ini memiliki ketinggian mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Puncak Cartenzs atau Puncak Jaya sendiri merupakan puncak tertinggi di Indonesia, selain juga menjadi salah satu dari Seven Summit di tujuh benua versi Reinhold Messner.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.