Sukses

7 Ritual yang Bisa Anda Lakukan di Rumah Obati Kulit Berjerawat

Tak perlu keluar banyak biaya untuk mengatasi kulit berjerawat. Berikut ritual kecantikan dari bahan yang tersedia di rumah

Liputan6.com, Jakarta Jika sedang berjuang dengan kulit berjerawat, tenang, Anda tidak sendirian. Ritual kecantikan untuk kulit berjerawat tidak harus menghabiskan banyak biaya, sebab Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Dilansir dari foxnews.com, Kamis (20/7/2017), berikut ini adalah beberapa ritual kecantikan sederhana yang bisa Anda lakukan dari rumah untuk kulit berjerawat. 

1. Baking soda
Bahan dapur yang satu ini sebenarnya memiliki manfaat besar untuk kulit berjerawat. Campurkan baking soda dengan air sampai menjadi pasta, aplikasikan di daerah yang berjerawat dan tunggu sampai 15 menit.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan produk pembersih wajah yang biasa digunakan. Namun ingat, bahwa baking soda bisa membuat wajah kering, sehingga setelah mengaplikasikannya, langsung gunakan pelembap wajah.

2. Aspirin
Aspirin mengandung bahan yang bisa membuat pori-pori wajah Anda menjadi bersih. Selain itu, aspirin juga bisa membantu peradangan yang terjadi karena sedang berjerawat.

Hancurkan beberapa tablet aspirin dan campurkan dengan air. Satu tablet untuk dua sendok makan, aplikasikan pada wajah selama 10 menit. Anda juga bisa menambahkan madu untuk menenangkan jerawat yang sedang memerah.

3. Madu
Madu dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat, serta membuat kulit lembut dan lembap. Usahakan untuk selalu menggunakan madu mentah.

Sebelum perawatan, bersihkan wajah, kemudian aplikasikan madu di seluruh wajah selama 15 sampai 20 menit. Bersihkan dengan hati-hati agar tidak meninggalkan sisa.

4. Jus lemon
Peras buah lemon dan taruh di sebuah mangkuk. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan perasan lemon ke wajah Anda, biarkan selama 10 menit.

Selain membersihkan kulit berjerawat, lemon juga dapat membuat wajah semakin bersinar. Hindari menggunakan lemon tropikal, karena akan membuat bintik-bintik gelap semakin menghitam.

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, aplikasikan di beberapa bagian wajah selama beberapa hari. Jika terjadi kemerahan atau rasa terbakar, hentikan pemakaian.

5. Lidah buaya
Lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengatasi jerawat meradang. Aplikasikan satu sendok makan gel lidah buaya ke seluruh permukaan wajah dua kali sehari untuk membuat bersih dan kencang.

6. Cuka apel
Cuka mengandung asam yang dapat memerangi bakteri penyebab jerawat. Campurkan cuka dengan air dan oleskan di permukaan wajah selama beberapa detik saja.

7. Daun teh
Teh juga terbukti efektif mengobati jerawat. Aplikasikan minyak daun teh menggunakan kapas ke permukaan wajah dua kali sehari.

Faktanya, ada banyak bahan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi masalah kulit berjerawat, tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga dan biaya. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.