Sukses

Tidak Harus Karena Lelah, 9 Alasan Anda Harus Menjaga Waktu Tidur

Ingin tahu apa alasan yang lebih penting untuk menjaga waktu tidur Anda? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Ya, seperti yang Anda ketahui, di tengah berbagai kesibukan, tidur bisa menjadi satu tantangan tersendiri. Namun ternyata, berbagai penelitian dan didukung oleh pernyataan dari beberapa ahli, waktu tidur yang cukup dan tidur yang berkualitas akan membawa banyak manfaat bagi Anda.

Jika sampai saat ini Anda masih bermasalah dengan hal yang sama, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa tidur harus menjadi perhatian utama Anda, seperti dilansir dari huffingtonpost.com, Rabu (19/7/2017). Penasaran?

1. Meningkatkan kemampuan memori
Penelitian menunjukkan bahwa tidur dapat meningkatkan kemampuan memori jangka pendek, yang sekaligus dapat membantu Anda mempertahankan sebuah informasi.

2. Memperbaiki suasana hati
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 menemukan bahwa kurang tidur dapat membuat seseorang kesulitan mengelola emosinya sendiri. Hal ini berarti lebih banyak waktu tidur berarti suasana hati juga lebih bahagia.

3. Meningkatkan gairah seks
Penelitian menunjukkan kurang tidur dapat menyebabkan disfungsi ereksi dan libido rendah. Lebih banyak tidur dan seks akan menjadi satu hal yang membuat hidup Anda lebih baik.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Memperpanjang hidup

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur juga dikaitkan dengan umur yang pendek. Waktu tidur yang cukup dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

5. Pertahanan tubuh yang lebih baik terhadap flu
Cara terbaik melindungi tubuh dari bakteri dan virus adalah dengan kebiasaan sehat, seperti mencuci tangan dan tidur yang berkualitas. Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya waktu tidur dapat meningkatkan kemungkinan untuk terserang penyakit.

6. Lebih kreatif
Menurut peneliti yang berasal dari Harvard University, kreativitas memecahkan masalah akan jauh lebih mudah dilakukan setelah tidur.

3 dari 3 halaman

7. Berat badan dan masa otot yang sehat

Menyehatkan tubuh tidak hanya bisa dilakukan di gym, namun juga di tempat tidur. Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang memiliki lebih banyak waktu untuk tidur akan kehilangan berat badan lebih banyak saat mengikuti diet.

8. Mengurangi stres
Tidur dan stres berkaitan erat. Memiliki waktu tidur yang cukup tidak hanya akan mengubah suasana hati Anda, namun juga mengurangi tekanan darah.

9. Mengemudi menjadi lebih baik
Ternyata, mengemudi dalam keadaan mengantuk karena kurang waktu tidur sama berbahayanya dengan mengemudi dalam keadaan mabuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.