Sukses

Seniman Ini Menggunakan Sajadah sebagai Karya Seni

Muklay atau Muchlis Fachri merupakan salah satu seniman muda Indonesia yang memamerkan karyanya dalam gelaran Play in Progress.

Liputan6.com, Jakarta Dalam berkarya, kita memang memerlukan imajinasi dalam diri untuk merealisasikan karya seni tersebut. Setiap seniman pasti memiliki caranya masing-masing. Namun, ada yang unik pada hasil karya seniman ini. Ia menggunakan sajadah sebagai medianya dalam melukis.

Muklay adalah salah satu seniman muda Indonesia yang menggunakan sajadah sebagai kanvas dalam melukis. Ide awalnya ia menggunakan sajadah adalah ketakutannya dalam azab. Sesuai dengan pengalaman semasa kecilnya, ia sering membohongi ibunya bila diperintahkan untuk salat.

Dari pengalaman kecil ini, ia merealisasikan imajinasi tentang azab. Ketakutannya dengan azab bila tidak melakukan perintah Allah ini, ia tuangkan dengan lukisan bertema "Temporary Prayer". Muklay melukis empat kanvas yang masing-masing menceritakan bagaimana imajinasinya mengenai azab. Menurutnya, lukisan ini adalah sebuah sindiran kepada manusia sekarang yang melakukan ibadah saat merasakan kesusahan.

Muklay memamerkan karya seni di Plaza Indonesia, Jakarta yang berkolaborasi dengan 3 seniman muda lainnya. Dalam acara instalasi seni yang bertajuk "Play In Progress", Muklay juga menambahkan bahwa beribadah merupakan sebuah proses bagaimana manusia mendekatkan diri kepada Tuhan.

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.