Sukses

Ini Dia 6 Manfaat Karaoke untuk Kesehatan dan Karier

Kegiatan bernyanyi seperti karaoke ternyata memiliki banyak manfaat untuk karier dan kehidupan. Penasara apa saja?

 

Liputan6.com, Jakarta Memang mengatasi stres itu tidak mudah, terutama bagi orang yang memiliki deadline kerja yang ketat. Nah daripada bingung, lebih baik karaoke saja. Aktivitas seru ini pasti gampang dan cocok dilakukan bersama teman-teman.

Menurut DuitPintar.com, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat dari karaoke. Bahkan ada pula manfaatnya untuk kinerja Anda di kantor. Mari kita cari tahu yuk!

1. Memproduksi hormon bahagia

Hormon endorphin atau yang sering disebut hormon bahagia akan dikeluarkan saat kita bernyanyi dan akan membuat kita merasa senang. Walaupun punya suara pas-pasan, tapi kalau sudah happy maka stres juga bisa hilang bukan?

Hal itu pun dibenarkan oleh Profesor Takeshi Tanigawa dari Ehime University Graduate School of Medicine. Menurutnya, saat karaoke bersama teman-teman, seseorang biasanya mendapat applause usai bernyanyi. Ini juga merupakan bentuk dari apresiasi yang membuat seseorang jadi bahagia.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Jangan salah, sistem imun tubuh juga bisa meningkat ketika hormon stres atau kortisol menurun. Penelitian tersebut dilakukan oleh akademisi dari University of California, seperti dikutip dari The Conversation.

Dari penelitian itu, diperoleh bahwa konsentrasi secretory immunoglobin A atau protein dalam sistem imun tubuh untuk antibodi, meningkat secara signifikan saat bernyanyi. Semakin rutin karaoke, berarti imun tubuh semakin baik dan sehat.

3. Menyehatkan jantung dan paru-paru

Menurut Profesor Graham Welch dari University of London, aktivitas bernyanyi bisa menyehatkan jantung dan paru-paru. Welch sudah meneliti aktivitas ini selama 30 tahun dan mengatakan kalau menyanyi sama halnya dengan melakukan aktivitas aerobik yang akan meningkatkan pasokan oksigen ke aliran darah.

Dengan pasokan oksigen yang baik, Anda akan terhindar dari gelisah, tekanan darah tinggi, penurunan daya ingat, gangguan pernapasan, hingga serangan jantung. Dengan jantung dan paru-paru yang sehat, Anda bisa menikmati hidup lebih lama bukan?

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Dengan karaoke bersama teman atau rekan kerja, Anda akan “dipaksa” untuk unjuk gigi soal kebolehan bernyanyi. Tentu hal ini bisa dikatakan sebagai tantangan.

Di sinilah Anda bisa belajar mengasah rasa percaya diri dengan maksimal. Semakin tinggi rasa percaya diri yang Anda miliki, maka semakin kuat pula pribadi Anda ketika menerima tekanan di dunia kerja atau bisnis.

Dan dengan kemampuan yang kuat dalam menerima tekanan, Anda tidak akan mudah stres. Tanpa stres, kerja pun makin produktif. Tidak ada lagi juga yang namanya izin tidak masuk karena sakit-sakitan.

5. Menstimulasi otak dengan baik

Jangan salah, tidak cuma kerja saja yang harus mikir. Nyanyi juga mikir lho, terutama saat karaoke.

Ketika karaoke, Anda akan diminta untuk menyanyi dengan mengikuti teks yang terpampang di layar agar nyanyiannya pas dengan irama. Secara tidak langsung, aktivitas ini akan menstimulasi otak Anda. Jadi tidak hanya pernapasan saja yang diolah, otak juga diolah ketika karaoke.

6. Menguatkan pita suara

Sejatinya, semua orang yang profesinya erat dengan “presentasi” atau bicara, disarankan untuk belajar menyanyi. Menyanyi akan melatih Anda untuk menguatkan pita suara, sehingga suara Anda terdengar lebih lantang dan menyakinkan sehingga kondisinya juga akan semakin sehat.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.