Sukses

9 Cara Paling Manjur Menghilangkan Stres saat Hamil

Jaga psikis ibu hamil agar terasa terus menyenangkan dan bebas stres dengan 9 cara ini

Liputan6.com, Jakarta Proses kehamilan adalah hal yang menyenangkan sekaligus membutuhkan perhatian ekstra. Tak hanya soal fisik, psikis ibu hamil juga perlu diperhatikan karena akan berpengaruh pada janin yang dikandungnya.

Saat hamil, si ibu akan mengalami perubahan fisik, emosi, hingga mental. Agar kehamilan terasa terus menyenangkan, maka sebaiknya ketahui cara menghilangkan stres seperti berikut ini:

1. Istirahat Cukup
Istirahat yang cukup dapat menghilangkan stres dan mencegah keguguran. Jika kamu sudah hamil 23 minggu, maka janin sudah bisa mendengar sehingga ibu bisa beristirahat sembari berkomunikasi dengan jabang bayi.

Sebaiknya hindari tidur pada pagi hari, ya. Tidur pagi bagi ibu hamil dapat menyebabkan insomnia, lesu, gangguan metabolisme, sulit konsentrasi, sakit kepala, hingga kebanyakan cairan ketuban.

2. Makanan Bergizi
Selalu konsumsi makanan bergizi agar terhindar dari stres. Kebutuhan nutrisi yang tercukupi dapat mengurangi tekanan darah yang membuat janin lebih nyaman. Beberapa makanan yang harus banyak dikonsumsi adalah ikan salmon, kacang hijau, kalkun, ayam tanpa lemak, buah-buahan segar, dan yoghurt. Agar tidak kehilangan konsentrasi, maka perbanyak minum air putih.

3. Olahraga Ringan
Ibu hamil masih bisa berolahraga asal ringan. Tak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga baik untuk manajemen berat badan agar terhindar dari diabetes. Olahraga yang bisa kamu lakukan seperti jalan kaki, senam hamil, yoga, dan masih banyak lagi.

4. Curhat dengan Pasangan
Cara menghilangkan stres ibu hamil yang paling manjur adalah dengan berbicara pada pasangan. Peran suami untuk istri yang sedang hamil sangat penting, karena dapat membantu menghilangkan rasa khawatir yang berlebihan.

5. Mengatur Jam Kerja
Jika ibu hamil masih bekerja, maka sebaiknya atur waktu sebaik mungkin. Pergi bekerja dapat menyebabkan stres, belum lagi tekanan di tempat kerja. Untuk itu, atur waktu untuk beristirahat, atau ambil cuti untuk berlibur sejenak.

6. Lakukan Pijat & Relaksasi
Pijat hamil tak boleh sembarangan. Sebaiknya lakukan setelah trimester pertama. Cara menghilangkan stres dengan pijat dan relaksasi juga dapat membuat tubuh lebih segar. Namun, jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

7. Hirup Udara Segar
Menghirup udara segar sangat penting bagi ibu hamil. Pagi hari adalah waktu yang sempurna untuk menikmati udara segar. Jalan-jalan di pagi hari saat udara masih segar dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia.

8. Jaga Kebersihan Tubuh
Memiliki tubuh yang harum dan bersih juga dapat mengubah mood lebih baik. Jaga terus kebersihan tubuh dan wajah dengan produk aman bagi ibu hamil. Maka sepanjang hari, kamu bisa terlihat cantik dan segar.

9. Bergabung dengan Komunitas
Saat masa kehamilan, kamu bisa bergabung dengan komunitas tertentu seperti grup ibu hamil. Di sana, kamu bisa bertukar pikiran dan mendapat ilmu baru seputar kehamilan.

Dengan begitu, kamu dapat bersemangat menjalani semua proses kehamilan hingga kelahiran.
Dengan melakukan tips menghilangkan stress untuk ibu hamil ini, maka proses kehamilan bisa sangat menyenangkan.

Dukung juga dengan aktivitas positif lainnya dan perawatan kecantikan dari ujung kepala hingga kaki. Berbagai perawatan kecantikan untuk wanita bisa didapatkan di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini