Sukses

Satu Dekade Solo Batik Carnival Akan Meriahkan Kampung Jokowi

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan akbar Solo Batik Carnival (SBC) akan digelar besok, Sabtu 15 Juli 2017. Mengusung tema besar "Astamurti Kawijayan", SBC tahun ini menjadi sangat spesial lantaran turut diramaikan juga oleh peserta dari Jember Fashion Carnival dan Cirebon Caruban Carnival. 

Susanto, Ketua Yayasan SBC kepada Liputan6.com, Jumat (14/7/2017) mengatakan, "Tahun ini merupakan spesial performance karena kedatangan bintang tamu peserta dari Jember Fashion Carnival. Ini sangat spesial karena dua karnaval besar di Indonesia tampil jadi satu di Solo."

Ratusan peserta yang terlibat masing-masing akan menampilkan kreasi kostum batik yang telah ditentukan panitia. Ada enam jenis kostum, yaitu sekar jagad, wayang, Jawa dwipa, topeng panji, legenda, dan jatayu.

"Masing-masing tema kostum nanti akan dibagikan menjadi satu defile. Sedangkan Jatayu sebagai maskotnya," ujar Susanto.

Rute karnaval, disebutkan Susanto akan menempuh jarak sekitar 3 kilometer, berawal dari Stadion Sriwedari di Jalan Bhayangkara, melintasi jalan Slamet Riyadi, dan berakhir di Benteng Vastenburg.

"Nanti peserta akan melakukan performing di panggung Jalan Bhayangkara dan di Ngarsopuro. Di Ngarsopuro akan diiringi tabuhan dari Gilang Ramadhan School Drum," kata Susanto.

Pada karnaval tersebut, Susanto menambahkan bahwa Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo akan ikut karnaval. Dua pemimpin Kota Solo itu akan mengenakan kostum kreasi batik Jatayu.

"Beliau berdua akan ikut karnaval dengan kostum Jatayu," katanya menambahkan. 

Simak juga video menanrik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Jelang F8, Pantai Losari Makassar Bersolek
Artikel Selanjutnya
Pertahankan Warisan Budaya, Solo Menggelar Wisata Kampung Kota