Sukses

Indonesia Punya Ratusan Bahasa, 76 di Antaranya Terancam Punah

Liputan6.com, Jakarta Bila seseorang menanyakan apa keistimewaan negara Indonesia, pastinya kita akan menjawab Indonesia memiliki beragam budaya dan wisata. Bukan hanya itu, Indonesia juga memiliki berbagai tradisi dan kuliner yang tidak kalah menarik dari negara lain. Namun, selain itu, Indonesia ternyata memiliki 707 bahasa, dilansir dari Vidio.com, Rabu (12/7/2017).

Sebagai warga negara Indonesia, pastinya kita sangat membanggakan sumber daya alam dan budaya yang kita miliki. Berdasarkan situs riset linguistik dan telaah bahasa dunia, Ethnologue menyatakan Indonesia berada pada peringkat kedua dengan bahasa terbanyak di dunia. Indonesia dinyatakan memiliki 707 bahasa.

Dari sekian banyak bahasa daerah yang dimiliki Indonesia, 701 bahasa merupakan bahasa asli yang digunakan masing-masing etnis, dan enam di antaranya bukan bahasa asli. Namun, terdapat hal yang memprihatinkan dari ratusan bahasa ini, terdapat 76 bahasa di Indonesia yang terancam punah.

Menurut Ethnologue, Indonesia memiliki 719 bahasa daerah, tetapi sampai saat ini sisa 707 bahasa yang masih digunakan. Faktor yang membuat Indonesia memiliki banyak bahasa adalah letak geografis dan kekayaan suku yang dimiliki.

Peringkat pertama yang memiliki bahasa terbanyak di dunia adalah di Papua Nugini. Menurut World Economic Forum (WEF), banyaknya bahasa di sana dipengaruhi oleh topografi. Letak geografis membuat mereka hidup di masing-masing daerah dengan suku terpisah, dan bahasa menjadi identitas bagi masing-masing suku.


Simak Video Berikut:

https://www.vidio.com/watch/783979-tahukah-kamu-indonesia-memiliki-707-bahasa


Fellisia

Artikel Selanjutnya
Nasib Harimau Sumatera dalam Ancaman Jerat
Artikel Selanjutnya
Bayi Harimau Sumatera Lahir di Kebun Binatang Inggris