Sukses

8 Tips Mencegah Munculnya Tanda-Tanda Penuaan

Liputan6.com, Jakarta Tanda-tanda penuaan bisa dicegah dengan fokus pada pikiran, tubuh, serta jiwa. Hal-hal seperti menghindari stres mungkin sering Anda dengar sebagai kunci untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Dilansir dari health.howstuffworks.com, Minggu (16/7/2017), berikut ini merupakan beberapa tips untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Penasaran?

1. Stimulasi otak
Otak seperti bagian tubuh lainnya, membutuhkan olahraga untuk menghindari lesu dan penyakit. Sebuah studi membuktikan bahwa wanita terdidik lebih sedikit terkena penyakit alzheimer.

2. Makan dengan benar
Saran standar adalah mengonsumsi lima porsi buah dan sayur, tiga porsi biji-bijian setiap hari untuk asupan vitamin dan mineral sehat. Serta, minum minimal delapan gelas dalam sehari.

3. Ingat agama
Menurut beberapa studi, agama atau spiritualitas memiliki efek positif pada kesehatan fisik dan mengurangi penderitaan. Anda bisa melakukannya dengan meditasi, doa, atau sekadar belajar memaafkan orang lain.

4. Olahraga
Olahraga secara teratur adalah keharusan bagi Anda yang ingin memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Ratusan studi menunjukkan bahwa olahraga dapat melawan hilangnya stamina, kekuatan otot, keseimbangan, dan kepadatan tulang seiring bertambahnya usia.

5. Maksimalkan asupan antioksidan
Radikal bebas berkontribusi terhadap timbulnya penyakit terkait usia dan Anda membutuhkan antioksidan untuk menetralkannya. Para peneliti menyarankan Anda untuk mengonsumsi sayuran berwarna gelap, seperti tomat, wortel, dan bayam.

6. Pertimbangkan suplemen yang baik
Jika asupan antioksidan dalam makanan tidak cukup membantu, pertimbangkan suplemen untuk kebaikan Anda. Suplemen bisa mengatasi kekurangan yang dibutuhkan.

7. Tidur
Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda tidur kurang dari enam jam dalam sehari dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau stroke.

8. Mengembalikan hormon
Hilangnya hormon, libido, dan stamina adalah gejala dari penuaan. Beberapa hal di atas merupakan gejala awal dari penurunan kadar hormon yang juga merupakan tanda-tanda penuaan.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

 

Artikel Selanjutnya
Atasi Kulit Berminyak dengan 6 Langkah Praktis
Artikel Selanjutnya
Krim Alami Penghilang Kerutan pada Wajah