Sukses

5 Kesalahan pada Makanan yang Dapat Memperburuk Kulit Anda

Liputan6.com, Jakarta Seperti pada hal lainnya, makanan juga bisa memberikan dampak pada kulit Anda, entah itu dampak baik maupun buruk. Namun, dua penelitian yang diterbitkan pada tahun 1969 dan 1971 menyakini tidak ada hubungan antara makanan dan kulit.

Dilansir dari health.howstuffworks.com, Sabtu (15/7/2017), penelitian yang dilakukan beberapa waktu belakangan justru menemukan hal yang sebaliknya. Kebiasaan makan dan diet tertentu dapat meningkatkan penyebab munculnya jerawat, keriput, iritasi, hingga kanker kulit. Penasaran?

1. Memulai hari dengan karbohidrat kosong
Para peneliti menemukan hubungan antara jerawat dan makanan yang mengandung glikemik tinggi, seperti roti, permen, pasta, soda, dan jus. Makanan ini dapat menyebabkan gula darah Anda melonjak, mengeluarkan hormon yang merangsang produksi minyak, dan menyumbat pori-pori.

Beberapa bukti bahkan mengarah bahwa gula juga dapat menjadi penyebab munculnya garis halus dan penuaan dini. Jika Anda mengalami beberapa hal di atas, gantikan karbohidrat olahan dengan makanan tinggi protein, seperti sayuran dan biji-bijian.

2. Makan terlalu banyak garam
Apakah Anda merasa terlalu lelah, walaupun telah memiliki waktu tidur yang cukup? Perhatikan asupan sodium. Dalam banyak kasus, perubahan warna muncul pada kelopak mata dan kantung mata karena terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam. Garam bisa membuat seluruh wajah Anda membengkak.

3. Sering minum alkohol
Alkohol tidak membantu apa pun pada tubuh Anda, justru membuat kulit terasa sangat kasar. Minuman ini menyebabkan dehidrasi, kulit kusam, keriput, dan kering.

Pada beberapa orang, alkohol juga dapat melebarkan pembuluh darah kecil di dekat permukaan kulit, membuat penampilan memerah, serta merampas vitamin A yang membantu kulit memperbarui dan memperbaiki diri.

4. Menghilangkan lemak sehat
Jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau makan sehat, ingatlah untuk selalu mengonsumsi lemak sehat. Lemak sehat dapat membantu menjaga hidrasi, melalui asam lemak omega-3, kenari, kedelai, dan salmon.

Lemak ini dapat membantu mencegah keriput, radang, kulit kering, dan jerawat. Anda bisa menambahkan minyak zaitun untuk melembapkan dan melindungi kulit dari risiko penyakit kanker kulit.

5. Kelebihan susu
Dalam penelitian yang dilakukan beberapa tahun terakhir, ditemukan bahwa produk susu dapat menyebabkan jerawat dan komedo. Para peneliti berpendapat bahwa hormon alami dalam susu dapat merangsang produksi sebum dan menutup pori-pori kulit.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
7 Kebiasaan Dianggap Baik Ini Dapat Merusak Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Ingin Mewarnai Rambut? Ini 7 Efek Sampingnya