Sukses

Simak yang Terjadi pada Tubuh Saat Anda Setop Minum Alkohol

Liputan6.com, Jakarta Dalam masyarakat modern, alkohol telah menjadi salah satu gaya hidup yang sulit dilepaskan. Beberapa orang mengaku sangat sulit menghindari alkohol hanya karena ingin atau untuk menghilangkan stres.

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang tidak bisa lepas dari alkohol? Dilansir dari mydomaine.com, Rabu (13/7/2017), mungkin Anda harus mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini yang akan terjadi pada tubuh saat berhenti minum alkohol. 

Berhenti minum alkohol 1 hari: Tubuh mulai detoksifikasi
Tubuh akan bekerja dengan cepat dan efisien untuk membersihkan alkohol. Setelah mabuk, tubuh akan mulai mengeluarkan alkohol dari sistem dan bekerja mengembalikan kadar gula darah Anda ke keadaan normal.

Untuk mempercepat proses detoksifikasi, minumlah banyak air putih dan makan makanan ringan, seperti sayuran dan kacang polong yang kaya protein. Hindari daging karena akan mengganggu pencernaan.

2. Berhenti minum alkohol 1 minggu: Tubuh lebih berenergi
Pada minggu pertama, perubahan yang paling terasa adalah peningkatan kualitas tidur dan energi. Ya, alkohol membantu Anda tidur, namun penelitian menunjukkan bahwa alkohol juga mengurangi kualitas dari tidur itu sendiri.

3. Berhenti minum alkohol 2 minggu: Tubuh berhenti menginginkan gula
Sering minum alkohol akan membuat tubuh kecanduan terhadap karbohidrat olahan, seperti roti, sereal, kue, dan kue kering. Hal tersebut membuat tubuh cepat merasa lelah dan sakit kepala.

Ketika Anda berhenti minum alkohol dalam dua minggu, fokus akan lebih terarah dan memiliki keinginan kuat untuk hidup sehat. Mungkin Anda bisa menggantikan alkohol dengan minuman lain yang lebih sehat.

4. Berhenti minum alkohol 3 minggu: Berat badan akan turun
Berat badan akan turun saat berhenti minum alkohol dalam waktu satu bulan. Selain berhenti minum alkohol, Anda juga harus mengimbanginya dengan melakukan aktivitas fisik setiap hari selama 45 sampai 1 jam, makan banyak sayur dan buah, serta konsisten melakukannya.

5. Berhenti minum alkohol 1 bulan: Emosi stabil
Berhenti minum alkohol dalam waktu satu bulan akan membuat tubuh dan pikiran lebih sadar untuk mengendalikan emosi. Jika Anda memperlakukan tubuh dengan baik, Anda akan merasa lebih bahagia, bersemangat, positif, termotivasi, dan menarik.

Jadi, sudah berapa lama Anda berhenti minum alkohol?

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Usai Konsumsi Minuman Manis, Kenapa Masih Haus?
Artikel Selanjutnya
Trik Cerdas Tidur Lebih Cepat Ketika Stres