Sukses

Tips Ampuh Bersihkan Sepatu Sesuai Bahan

Beda material sepatu ternyata berbeda pula cara membersihkannya. Berikut ini cara tepat membersihkan sepatu sesuai bahannya.

Liputan6.com, Jakarta Beda material sepatu ternyata berbeda pula cara membersihkannya. Bagi Anda yang bingung bagaimana cara membersihkan sepatu agar terlihat seperti baru lagi, tips cerdas ini bisa dicoba di rumah.

Dilansir dari laman RealSimple, Rabu (12/7/2017), berikut metode membersihkan sepatu berdasarkan materialnya.

Kanvas
Bagi Anda yang memiliki sepatu berbahan kanvas dan tertarik melemparkannya ke dalam mesin cuci, mungkin sebaiknya Anda perlu berpikir ulang jika tidak ingin sepatu Anda rusak. Sepatu berbahan kanvas sebaiknya dicuci secara manual dengan tangan. Anda bisa melepaskan tali sepatu terlebih dahulu, lalu siapkan air hangat. Selanjutnya, celupkan sepatu ke dalam air hangat.

Proses ini tidak perlu lama karena yang dibutuhkan di sini hanya sekadar membasahinya. Setelah itu ambil sedikit cairan pencuci piring dengan menggunakan sikat nilon lalu gosokkan pada bagian dalam dan luar sepatu secara perlahan hingga bersih dan bilas dengan air mengalir.

Untuk sol sepatu, Anda bisa memasukkannya ke dalam ember yang sudah berisi air, lalu sikat perlahan dengan menggunakan sabun dan bilas. Biarkan sepatu dan sol kering secara alami.

Kulit
Pembersihan harian terhadap sepatu yang berbahan kulit adalah dengan menggunakan kain lembut agar kotoran dan debu yang menempel dapat hilang. Apabila noda pada sepatu begitu keras dan banyak, Anda bisa menggunakan sampo atau kondisioner khusus untuk membersihkan material kulit, lalu biarkan kering. Sepatu berbahan kulit sangat lembut sehingga perlu perawatan yang sedikit berbeda. Jika sepatu Anda memiliki noda seperti tinta atau minyak, sangat disarankan untuk menyerahkan kepada ahlinya.

Suede
Sepatu berbahan suede memang sangat nyaman dipakai baik oleh pria maupun wanita. Dengan material yang terbuat dari kulit sapi yang sudah diproses melalui berbagai metode, sehingga perlu perawatan ekstra agar tidak cepat rusak dan memperpanjang umur sepatu.

Untuk pembersihan sehari-hari, cukup gunakan sikat khusus suede agar noda yang menempel dapat hilang dengan cepat. Apabila terkena noda yang sedikit besar, Anda bisa menggunakan pembersih khusus dan menyikatnya dengan bantuan sikat lembut atau kain bertekstur lembut agar busa pada sepatu dapat hilang.

Dengan beberapa trik cerdas tersebut, Anda tidak perlu lagi membuang sepatu kotor dan harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli yang baru. Selamat mencoba!

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.